Bangkitnya Negara Underdog di Euro 2016

Bangkitnya Negara Underdog di Euro 2016

510
0
SHARE
Bangkitnya Negara Underdog di Euro 2016

Mulai Majunya Sepak Bola Negara  Underdog di Eropa

Rebutbola – Ajang Euro 2016 Prancis kali ini, adalah ajang pembuktian mulai meratanya kekuatan sepak bola di benua Eropa saat ini. Banyak negara yang dahulunya sebagai lumbung gol bila bertemu denga negara kuat, sepertI Italia, Jerman, Spanyol dll kini justru menunjukan hal yang berbalik.

Saat ini sudah banyak negara yang berevolusi dalam bidang sepak bola, dan menjadi lawan sepadan untuk menghadapi negara kelas satu benua Eropa tersebut. Bahkan untuk meraih kemenangan pun bukanlah sesuatu yang mustahil lagi.

Berikut kami akan tampilkan negara underdog Eropa yang sudah mulai bangkit dalam bidang sepak bola.

Wales

Starting Eleven Timnas Wales
Starting Eleven Timnas Wales

Negara yang termasuk dalam perserikatan Britania Raya ini, tidak pernah terdengar gaduh tentang sepak terjangnya dalam bidang si kulit bundar. Akan tetapi Wales pada tahun ini mampu mencatatkan hasil impresif dengan secara perdana lolos ke Euro 2016 Prancis.

Kesuksesan Wales ini didukung oleh beberapa pemainnya yang mengorbit bersama tim papan atas Eropa. Nama Gareth Bale dan Aaron Ramsey, adalah pemain garda terdepan bagi kesuksesan Wales dalam bidang sepak bola.

Belgia

Deretan Pemain Bintang Belgia
De Bruyne, Chadli, Witsel, Hazard, Kompany – photo

Belgia adalah contoh nyata, bagaimana pengembangan pemain usia dini sukses di negara ini. Pengawasan ketat kepada sekolah sepak bola yang dilakukan oleh KBVB, membuat banyak pemain berbakat terlahir di negara ini.

Negara yang ber ibu kota di Brussel ini, bukanlah negara yang dikatakan superior dalam sepak bola, sebelum kesuksesan Belgia melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2014.

Timnas Belgia saat ini pun diisi oleh banyak oleh para pemain ternama benua Eropa, dari mulai sektor penjaga gawang sampai Striker. Siapa tidak kenal Romelu Lukaku, Vincent Kompany, Eden Hazard dan Thibaut Courtois, nama tersebut tentunya adalah bintang diklub mereka masing–masing.

Swiss

Starting Eleven Timnas Swiss - photo
Starting Eleven Timnas Swiss – photo

Negara yang terkenal sebagai pembuat arloji ternama di dunia ini adalah negara yang tidak diperhitungkan sama sekali dalam peta persaingan dibenua Eropa.

Swiss memang tak memiliki rekam jejak bagus di Piala Eropa. Prestasi terbaiknya hanya bisa lolos ke fase grup. Artinya dia selalu gagal di fase grup dan tak sanggup melaju ke babak knock-out.

Bahkan di edisi sebelumnya, Swiss tak mampu berbuat banyak dan gagal ke putaran selanjutnya. Lain halnya dengan Euro, kiprah Swiss di Piala Dunia cukup baik dengan pernah menembus babak perempatfinal.

Kini mereka pun berharap mampu berbuat banyak di Piala Eropa 2016 Prancis. Apalagi kini memiliki sejumlah nama yang cukup tenar di dataran Eropa. Sebut saja bek kanan Juventus, Stephan Lichtsteiner, Ricardo Rodríguez (Wolfsburg), Xherdan Shaqiri (Stoke City) dan Granit Xhaka (Arsenal).

Slovakia

Para Kemanangan Slovakia Atas Russia 2-1 - photo
Para Kemanangan Slovakia Atas Russia 2-1 – photo

Setelah memisahkan diri dari Ceko pada 1993, sepak bola Slovakia sempat tenggelam. Kebangkitan mereka pun baru dirasakan dalam enam tahun terakhir di mana Slovakia berhasil lolos ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Perkembangan sepak bola tim berjuluk Repre ini, terus melesat dengan keberhasilan menyebar pemain top ke berbagai belahan dunia. Hingga akhirnya, Slovakia berhasil lolos ke Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya dengan status negara independen.

Ada dua nama yang cukup menonjol dalam kesuksesan Slovakia beberapa tahun terakhir. Bek Martin Skrtel dan gelandang Marek Hamsik adalah dua pemain yang punya level kelas dunia.

Rebutbola.com