Kenapa Euro Diadakan Empat Tahun Sekali?

Kenapa Euro Diadakan Empat Tahun Sekali?

277
0
SHARE
Kenapa Euro Diadakan Empat Tahun Sekali ?
Delaunay trophi - photo

Hindari Pemain Cedera dan Piala Dunia Jadi Alasan Pagelaran EURO Digelar Empat Tahun Sekali

Rebutbola Kompetisi EURO adalah pentas sepak bola antar negara-negara penghuni benua Eropa. Pada awalnnya EURO bernama Cup European Countries dan akhirnya nama itu diganti menjadi Euro di edisinya yang ke-tiga tepatnya tahun 1968.

Nah tentunya bagi kamu para pencinta si kulit bundar pasti mempunyai pertanyaan, kenapa EURO selalu diadakan pada empat tahun sekali ? kenapa tidak setahun sekali atau dua tahun sekali, berikut kami akan berikan penjelasan tentang waktu pelaksanaan EURO.

Edisi pertama turnamen ini diadakan pada tahun 1960. Saat itu Prancis menjadi tuan rumah perdana kompetisi ini. Pagelaran sepak bola antar negara Eropa ini dihelat selang dua tahun dari Piala Dunia 1958, nah selang waktu empat tahun adalah rentang waktu yang dianggap pas bagi UEFA untuk melangsungkan turnament ini.

Uni Soviet Juara Perdana Euro 1960 - photo
Uni Soviet Juara Perdana Euro 1960 – photo

Selain untuk menghindari bentrok dengan Piala Dunia. Waktu empat tahun dirasa tepat untuk negara kontestan mempersiapkan timnas sepak bolanya. Lagi pula jika diadakan satu tahun dan dua tahun akan membuat klub sepak bola merasa kerepotan mengatur jadwal, karena klub di Eropa juga akan melangsungkan pagelaran Liga Champions yang mempertemukan seluruh klub antar benua Eropa.

Melihat hal tersebut UEFA selaku otritas yang mengatur penyelenggaraan hajatan akbar sepak bola Eropa itu, juga mempertimbangkan kondisi fisik pemain. Organisasi yang bermarkas di Swiss ini tentunya menginginkan pagelaran akbar sepak bola benua biru diikuti oleh para pemain sepak bola terbaik di kelasnya.

(yud)

Rebutbola.com