Amerika Serikat 0-4 Argentina, Dua Gol Higuain Bawa Tim Tanggo Melaju Ke...

Amerika Serikat 0-4 Argentina, Dua Gol Higuain Bawa Tim Tanggo Melaju Ke Final Copa America

168
0
SHARE

Argentina Sukses Kalah Amerika Serikat Dengan Skor Telat

Rebutbola Timnas Argentina membuktikan bahwa timnya tidak mampu dikalahkan oleh Amerika Serikat. Dan laga yang dilangsungkan di NRG Stadium, Amerika berakhir dengan skor 4-0, Rabu (22/6) 08.00 WIB.

Bintang Barcelona, Lionel Messi yang tampil sebagai pemain yang paling produktif di laga tadi malam. Bukan hanya karena performanya, tapi juga karena kesuksesannya mencatat rekor baru.

Pemain Barcelona tersebut berhasil mencetak satu gol untuk bisa memperbarui rekor gol terbanyak untuk Argentina menjadi 55 gol. Rekor sebelumnya dipegang oleh Gabriel Batistuta.

Dengan hasil tersebut, Argentina pun melangkah ke final Copa America Centenario 2016 dan akan menunggu lawan yang harus dihadapi berikutnya, antara Kolombia dan Cile, yang akan menjalani laga besok.

Pada awal laga, Argentina langsung tampil menekan sejak menit awal. Tim tango pun langsung memetik hasil dari tekanan pertama mereka ke jantung pertahanan Amerika Serikat.

Bola yang jatuh di depan Lionel Messi, langsung diberikan kepada Ezequiel Lavezzi dengan umpan indah. Mantan pemain PSG tersebut dengan mudah melesakkan bola dengan sundulannya untuk membawa Argentina memimpin 1-0 di menit tiga.

Tekanan Argentina berlanjut, dengan tuan rumah terus berusaha keluar dari gelombang serangan tim tamu. Tapi, ancaman masih terus datang ke gawang Brad Guzan.

Salah satunya terjadi pada menit 15, Messi menunjukkan kebolehannya menggiring bola dengan melewati tiga pemain belakang AS dan melepas tendangan ke arah gawang. Beruntung Guzan penjaga gawang AS masih sigap untuk mengamankan gawangnya.

Tetapi pada menit ke-32, kiper AS itu harus memungut bola dari gawangnya lagi. Berawal dari pelanggaran keras yang dilakukan Chris Wondowlski, yang menghentikan pergerakan Messi, dan tendangan bebas pun diberikan oleh wasit. Titisan Maradona itu mengeksekusi bola dan berhasil merobek gawang AS dengan menempatkan bola  ke sudut gawang tanpa bisa dijangkau oleh Guzan. 2-0 Argentina memimpin.

Gol indah Messi itulah yang pada akhirnya memecahkan rekor gol terbanyak Batistuta untuk Argentina.

Amerika Serikat berusaha untuk bangkit, tapi tekanan yang dilakukan tim besutan Jurgen Klinsmann itu selalu kandas di sektor pertahanan Argentina. Sementara Argentina terus membuka kesempatan menambah keunggulan, meski pada akhirnya skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, tekanan berlanjut dan Argentina menambah keunggulan mereka, dan menutup peluang Amerika Serikat untuk bangkit dan mengejar ketertinggalan.

Di menit 50, Gonzalo Higuain yang mencetak gol ketiga  bagi Argentina. Ia mendapat umpan jauh dari Lavezzi, bola berhasil dikontrol oleh pemain Napoli tersebut dan ditendang ke arah gawang Amerika Serikat. Pemain tuan rumah sempat memblok bola, namun bola rebound kembali diarahkannya ke gawang untuk menambah keunggulan Argentina menjadi 3-0.

Banyak insiden yang terjadi, seperti tekel kasar yang dilakukan pemain Amerika terhadap Augusto Matias Fernandez, yang memaksanya harus menjalani perawatan dan diganti oleh Lucas Biglia di menit 59.

Marcos Rojo, juga mengalami masalah dan harus menjalani perawatan di tengah lapangan, sementara beberapa menit setelahnya Lavezzi terlihat menabrak adboard di pinggir lapangan, yang juga memaksa tim medis Argentina merawatnya. Pada akhirnya, Erik Lamela menggantikan dirinya di menit 67.

Dengan waktu terus berjalan semakin larut, permainan tim nasional AS tak menunjukkan perbaikan. Minim sekali peluang yang bisa diciptakan, yang membuat pemain belakang Argentina lebih santai mengamankan daerahnya.

Sebaliknya, pertahanan AS dibuat kelabakan oleh mobilitas pemain Argentina. Sejumlah peluang juga tercipta, seperti aksi Lamela yang mendapat umpan terobosan dari Messi, namun arah tendangannya masih melebar, dan serangan balik dari pemain Argentina yang gagal hanya karena akurasi umpan yang kurang bagus.

Jelang laga berakhir, Argentina menegaskan dominasi mereka dengan Higuain mencetak gol keduanya di pertandingan ini, sekaligus gol keempat untuk timnya.

Messi kembali memberi kontribusi dengan merebut bola dari pemain belakang AS, dan mengirim umpan manis untuk Higuain yang dituntaskan dengan sempurna di menit 86. Skor 4-0 pun menjadi hasil final laga itu.

Sebenarnya, Amerika bisa mengimbangi permainan Argentina. Namun, tim tango lebih banyak lebih banyak membuat peluang untuk mencetak gol selama pertandingan berlangsung.

Susunan Pemain

Amerika serikat (4-4-2) : Brad Guzan, DeAndre Yedlin, Geoff Cameron, Jhon Brooks, Fabian Johnson, Graham Zusi, Michael Bradley, Kyle Beckeman, Gyasi Zardes, Chris Wondolowski, Clint Dempsey.

Argentina ( 4-3-3) : Sergio Romero, Marcos Rojo, Ramiro Funes Mori, Nicolas Otamendi, Gabriel Mercado, Ever Banega, javier Mascherano, Augusto Fernandez, Ezequiel Lavezzi, Gonzaalo Higuain, Lionel Messi.

Rebutbola.com