Kroasia 2-1 Spanyol, Perisic Mimpi Buruk Bagi Tim Matador

Kroasia 2-1 Spanyol, Perisic Mimpi Buruk Bagi Tim Matador

79
0
SHARE

Ramos Gagal Penalti, Kroasia Jadi Pemuncak Klasemen Grup D

Rebutbola – Kroasia berhasil menorehkan kemenganan atas juara bertahan Euro, Spanyol pada laga terakhir Grup D dengan skor akhir 2-1 di Matmut Atlantique dini hari tadi (22/6). Dengan hasil ini, Kroasia memuncaki klasemen akhir Grup D dengan perolehan angka 7 poin, sedangkan Spanyol duduk di urutan kedua dengan 6 poin. Di urutan ketiga ada Turki (3) yang baru saja meraih kemenangan atas Republik Ceko (1) dengan skor akhir 2-0.

Pada laga kali ini, Kroasia tidak bermain dengan gelandang andalannya, Luka Modric yang mengalami masalah pada pahanya saat melawan Republik Ceko. Sementara itu di kubu Spanyol, tengah ada perseteruan antara fans dengan Pedro, di mana sang pemain merasa tidak puas dengan perannya sebagai pemain cadangan di Euro. Fans merasa Pedro layak didepak dari skuat, karena ditakutkan dapat merusak stabilitas dan perseteruan tim,

Babak pertama dimulai, Kroasia langsung menekan. Beberapa kali serangan mereka berhasil mengacaukan barisan pertahanan Spanyol. Namun akhirnya tim asuhan Vincente Bosque lah yang unggul lebih dulu di menit ke-7. Berawal dari kerja sama apik, Cesc Fabregas menceploskan bola ke arah gawang tim lawan. Alvaro Morata yang sudah di depan gawang dengan mudah meneruskan bola yang telah ditinggal maju menghalangi sudut tembakan Fabregas. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Ketinggalan satu gol, Kroasia balik menyerang. Nicol Kalinic mendapatkan ruang tembak dari luar kotak penalti dan mengarah tepat ke gawang. Namun dengan sigap David de Gea melakukan penyelamatan krusial.

Nyaris saja tim asuhan Ante Cacic menyamakan kedudukan. Ivan Rakitic melepaskan sepakan lob yang melayang diatas De Gea yang melakukan blunder. Bola bisa saja masuk andai saja tidak membentur tiang dua kali sebelum menjauh dari gawang setelah terkena badan Gerard Pique yang berada di tepi garis gawang.

Kedua tim terus melakukan jual beli serangan di babak pertama. Dan pada akhirnya, Kroasia pun mampu menyamakan kedudukan di menit-menit akhir babak pertama. Kalinic berhasil lepas dari kawalan Sergio Ramos untuk menyelesaikan umpan silang Ivan Perisic dari sisi kiri. Bola tak mampu dihalau oleh De Gea dan skor pun imbang 1-1 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Ramos dkk sebagai juara bertahan terlihat berambisi untuk memenangkan pertandingan dengan menekan pertahanan lawannya terlebih dahulu. Namun rapatnya barisan pertahanan Kroasia membuat mereka kesulitan menembusnya. Sebaliknya, Rakitik dkk pun tidak mau kalah dengan menyerang kubu lawan lewat serangan balik.

Sial bagi Kroasia. Di menit ke-70, David Silva terjatuh di kotak penalti setelah mendapat sentuhan ringan dari Sime Vrsaljko. Kuipers tidak segan menunjuk titik 12 pas meski mendapat kecaman dari para pemain Kroasia. Protes kapten Darijo Srna justru menghasilkan kartu kuning. Sepakan penalti dieksekusi oleh Ramos, namun sayang sepakannya bisa diselamatkan oleh kiper Daniejal Subasic.

Di ujung laga, akhirnya gol kembali tercipta. Berawal dari sepakan Aritz Aduriz yang mampu diblok, Kalinic memberikan bola kepada Perisic yang terus berlari menyisir sisi kiri sebelum melepaskan tembakan yang tidak mampu dibendung De Gea. Kroasia memimpin dengan skor 2-1 hingga pertandingan berakhir.

Spanyol membuang peluang memenangkan pertandingan setelah sepakan penalti Ramos di menit-71 berhasil ditepis Subasic dan Perisic menghukum keangkuhan sang juara bertahan hanya tiga menit jelang waktu normal berakhir dan memberikan Kroasia titel juara grup D. Sementara Spanyol akan melakoni ulangan final 4 tahun lalu kala menjamu sang Catenaccio, Italia, di babak 16 besar.

Susunan Pemain:

Kroasia: Danijel Subavic, Sime Vrsaljko, Ivan Perisic, Vedran Corluka, Tin Jedvaj, Ivan Rakitic, Darijo Srna, Marko Rog, Nikola Kalinic, Milan Badelj, Marko Pjaca

Spanyol: David De Gea, Gerard Pique, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Alvaro Morata, Cesc Fabregas, Sergio Ramos, Juanfran, Jordi Alba, David Silva, Nolito

Rebutbola.com