5 Pesepak Bola Indonesia Asli Betawi

5 Pesepak Bola Indonesia Asli Betawi

1025
0
SHARE
5 Pesepak Bola Indonesia yang Asli Betawi

Pesepak Bola Asli Betawi Ramaikan Dunia Sepak Bola Indonesia

Rebutbola “Kata siapa anak Betawi ketinggalan jaman”, petikan lagu theme song serial  “Si Doel Anak Sekolahan” yang tenar pada periode 90 – 2000an ini tentunya mengingatkan kita tentang gambaran seorang anak betawi yang sukses dibidang pendidikan.

Akan tetapi, anak Betawi nampaknya mempunyai bakat disemua bidang, salah satunya adalah sepak bola. Banyak beberapa pemain nasional yang berasal dari suku yang menempati seputaran Jabodetabek ini.

Mau tau siapa saja pemain sepak bola yang mempunyai darah betawi asli ? Ini dia jawabannya check this out.

Kurnia Meiga Hermansyah (Arema Cronus)

Kurnia Meiga - photo
Kurnia Meiga – photo

Kurnia Meiga Hermansyah, lahir di Jakarta 7 Mei 1990 adalah seorang pemain sepak bola Indonesia. Saat ini dia bermain untuk Arema Cronus.  Adik dari kiper senior Achmad Kuniawan ini mempunyai panggilan ciri khas anak betawi asli, yaitu “ Entonk” dalam arti bahasa betawi sendiri merupakan panggilan untuk anak kecil.

Egi Melgiansyah (Persita Tangerang)

Egi Melgiansyah - photo
Egi Melgiansyah – photo

Pemain lini tengah ini lahir di Bogor, 4 September 1990 adalah pesepak bola yang saat ini merumput bersama Persita Tangerang di TSC B. Walaupun lahir di Bogor, Egi dibesarka dilingkungan yang memiliki budaya Betawi yang kental dari lingkungan rumahnya di Sawangan Bogor.

Adik kandung dari gelandang senior Maman ini, pernah menjabat sebagai kapten timnas U-23 Indonesia pada pagelaran Sea Games 2010 di Jakarta.

Amarzukih (Persija Jakarta)

Amarzukih - photo
Amarzukih – photo

Pemain bertubuh kurus ini salah satu simbol pemain berdarah Betawi di Persija. Amarzukih yang lahir di Jakarta pada 21 Juni 1984, merupakan pemain andalan Macan Kemayoran di lini tengah. Gaya bermainnya yang tenang dan kemampuan bermain di berbagai posisi membuat Amarzukih selalu menjadi pemain kesayangan pelatih yang menukangi Persija.

Pemain yang bergabung dengan Persija tahun 2010, besar di lingkungan sepak bola Jakarta. Sebelum membela Persija, gelandang berambut ikal merupakan salah satu pemain penting di Persitara Jakarta Utara. Di tim berjuluk ‘Si Pitung’, ia lebih banyak ditempatkan sebagai bek sayap.

Seperti kebanyakan anak Betawi lainnya, istilah betah di kampung sendiri juga melekat pada pria yang akrab disapa Zukih ini. Terbukti, sejak menjadi pemain profesional, ia baru memperkuat dua klub asal Jakarta, Persitara dan Persija. Ia sempat lima tahun di Persitara dan kini memasuki musim keenamnya di Persija.

Muhamad Robby (Barito Putra)

Muhamad Robby - photo
Muhamad Robby – photo

Muhammad Roby, atau yang lebih dikenal dengan sebutan M. Roby, pemuda kelahiran Jakarta ini sempat membela Timnas Indonesia di ajang piala AFF tahun 2010 lalu.

Di bawah pelatih Alfred Ridel, pemuda berusia 27 tahun ini berperan sebagai bek tengah, bek sayap, dan sayap kanan pada saat itu dan berhasil membawa Timnas Merah-Putih menjadi runner up Piala AFF.

Saat ini pemain yang berperan sebagai stopper itu, sedang dalam perawatan cedera yang menderanya saat timnya Barito Putra melakukan sesi latihan dalam persiapan mengikuti TSC 2016.

Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

Andritany Ardihyasa - photo
Andritany Ardihyasa – photo

Penjaga gawang andalan Persija ini, lahir di Jakarta 26 Desember 1991. Sejak kecil Andritany lekat dengan SSB Jayakarta yang kerap berlatih di Lapangan Ragunan Atas, Jakarta.

Pemain yang akrab disapa Bagol itu, tak serta-merta langsung masuk tim senior Persija. Ia harus merangkak dari tim Diklat Ragunan sebelum akhirnya menjadi bagian dari Sriwijaya FC U-21. Pemuda asi Betawi ini bahkan pernah membela tim Persib Bandung U-18 di ajang Piala Suratin tahun 2006.

Kiprah Bagol di Persija juga tak bisa dibilang mulus. Sebagai penjaga gawang ia memulai kariernya di Macan Kemayoran sebagai pilihan ketiga pelatih Persija saat itu, Rahmad Darmawan. Namun pelan tapi pasti, mantan pemain timnas U-23 ini mampu merebut tempat utama setelah Galih Sudaryono kerap melakukan blunder.

Adam Alis Setyano (Barito Putera)

Adam Alis - photo
Adam Alis – photo

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini, lahir di Jakarta 19 Desember 1993. Memulai karier seniornya di Persitangsel pada periode 2011-2012, Adam Alis yang menunjukan permainan gemilang pun dilirik oleh klub asal pulau Kalimantan Martapura FC dan membuat dirinya dipanggil masuk ke timnas U-23.

Nama Adam Alis sendiri, naik daun berkat penampilan apiknya bersama Evan Dimas di timnas U-23 yang berlaga di Sea Games 2014 lalu di Singapura. Pemain berumur 22 tahun ini pun pernah go international dengan merumput bersama tim di liga Bahrain.

Rebutbola.com