Sejarah Pertemuan Italia vs Spanyol

Sejarah Pertemuan Italia vs Spanyol

764
0
SHARE
Sejarah Pertemuan Italia vs Spanyol
Italia VS Spanyol

Final Dini di Perdelapanfinal EURO 2016

Rebutbola – Bigmatch akan terjadi di babak 16 besar EURO 2016 antara Italia dan Spanyol. Pertandingan tersebut akan dihelat di Stade de France, Senin (27/6/2016).

Ini bukan kali pertama kedua tim bertemu. Keduanya telah dipertemukan sebanyak 35 kali dengan catatan cukup berimbang, 10 kali kemenangan sama-sama dimiliki oleh Italia maupun spanyol sisanya mereka berbagi angka.

Sejarah Pertemuan Italia vs Spanyol
Sergio Ramos gagal penalti

Pertemuan nanti akan sekaligus menjadi pertemuan keenam kedua negara dalam Piala Eropa atau pertemuan paling sering dalam sejarah turnamen itu. Tim matador unggul dengan catatan kemenangan di dua piala Eropa terakhir (2008 dan 2012). Sebuah catatan yang belum pernah terjadi selama sejarah EURO berlangsung.

Dengan data seperti diatas, pertandingan malam nanti akan menjadi ajang balas dendam Gli Azzuri setelah digelaran EURO terakhir, dimana Buffon dkk telak dibantai dengan skor 4-0 di fase knock out setelah sebelumnya di fase grup mampu mengimbangi permainan La Furia Roja dengan skor 1-1.

Lantas, seperti apa head-to-head Italia dan Spanyol? Kedua tim ternyata memiliki rekor pertemuan yang imbang, yakni sama-sama meraih 10 kemenangan dan 14 imbang dari 34 pertemuan.

Dilansir Soccerway, Italia mampu mencetak 40 gol sementara Spanyol hanya 16 gol dari 34 pertemuan. Di luar pertandingan persahabatan, Italia hanya mencetak satu gol dalam empat pertemuan terakhir dengan Spanyol. Jika dilihat dari laga kompetitif saja, kemenangan terakhir Italia adalah semifinal Piala Dunia 1994 dengan skor 2-1.

Setelah itu, kedua tim bermain imbang 0-0 di Piala Eropa 2008 (Spanyol menang adu penalti), 1-1 di penyisihan grup Piala Eropa 2012 dan Italia kalah 0-4 di final Piala Eropa 2012.

(yud)

Rebutbola.com