4 Faktor Utama Gugurnya Inggris di EURO 2016

4 Faktor Utama Gugurnya Inggris di EURO 2016

266
0
SHARE
Faktor Kekalahan Inggris atas Islandia

Roy Hodgson dan Joe Hart Jadi Faktor Kekalahan Inggris atas Islandia

Rebutbola – Inggris harus tersingkir dari Euro 2016 setelah kalah 1-2 atas Islandia di babak 16 besar. Kekalahan The Three Lions pun mengejutkan banyak pihak. Apa saja faktor-faktor kekalahan Inggris atas Islandia? Kami telah merangkum 4 faktor diantaranya.

1. Pelatih

Faktor Kekalahan Inggris atas Islandia
Roy Hodgson

Roy Hodgson disebut-sebut salah satu faktor lumpuhnya Inggris di Euro 2016 sekaligus kekalahan mereka atas Islandia. Kesalahan pertama yang dilakukan Hodgson adalah menyertakan Jack Wilshere yang hanya tampil di tiga laga Liga Premier 2015-16 dan mencoret Danny Drinkwater yang sukses bersama Leicester City.

Kesalahan lainnya yaitu Sterling selalu bermain sebagai starting XI. Padahal jika dilihat dari laga-laga sebelumnya, ia bermain di bawah performa. Selain itu ia juga memainkan Marcus Rashford di menit ke-85 pada laga kontra Islandia. Padahal dalam waktu 5 menit, pemain belia itu memberikan efek yang lumayan besar dengan mengobrak-abrik barisan pertahanan Islandia.

Anehnya lagi, Harry Kane ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penjuru dan tendangan penalti yang notabenenya bukan keahlian sang pemain.

2. Joe Hart

Faktor Kekalahan Inggris atas Islandia
Joe Hart tertunduk lesu setelah kalah dari Islandia

Joe Hart menjadi salah satu pemain Inggris yang tampil buruk setelah ia gagal menghentikan tendangan lemah Kolbeinn Sigthorsson. Andai saja ia tampil lebih fokus, Inggris tidak harus angkat koper lebih dini.

Bukan kali ini saja kiper Manchester City melakukan blunder. Hart juga kebobolan dengan cara yang hampir sama ketika menahan tendangan bebas Gareth Bale saat Inggris berhadapan dengan Wales di Grup B. Hart menepis bola cukup lemah sehingga bola perlahan terus meluncur ke dalam. Beruntung Inggris menang 2-1 di laga tersebut.

3. Media

Media Inggris terkenal brutal dalam mengkritik tim nasional. Selain itu media Inggris juga terkenal dalam melebih-lebihkan kemampuan tim nasionalnya. Hal ini cukup mempengaruhi psikologi para pemain dan membuat mereka merasa di atas kertas ketika melawan Islandia. Namun hasilnya? Inggris harus pulang karena harus kalah dari tim dengan jumlah penduduk paling sedikit di Euro 2016.

4. Kekuatan Islandia

Roy Hodgson dan Joe Hart Jadi Faktor Kekalahan Inggris atas Islandia Rebutbola - Inggris harus tersingkir dari Euro 2016 setelah kalah 1-2 atas Islandia
Kapten Islandia, Aron Gunnarsson bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan setelah mengalahakan Inggris di babak 16 besar Euro 2016

Naif jika rasanya kita hanya menyalahkan Inggris atas faktor kekalahan timnya. Mental dan semangat Islandia sendiri patut diacungi jempol. Dilatih oleh mantan pelatih Swedia yang sudah berpengalaman, Lars Lagerback, Islandia maju dengan mentalitas bangsa viking yang terkenal tak kenal takut melawan siapa saja yang mengahalangi jalan mereka.

(yud)

Rebutbola.com