UEFA Tolak Heningkan Cipta untuk Korban Serangan Teror Istanbul

UEFA Tolak Heningkan Cipta untuk Korban Serangan Teror Istanbul

112
0
SHARE
UEFA Tolak Heningkan Cipta untuk Korban Serangan Teror Istanbul
Korban serangan Istanbul

Tidak Ada Penghormatan untuk Korban Istanbul di Laga Perempat Final Euro 2016

Rebutbola – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), menegaskan tidak akan ada acara mengheningkan cipta di salah satu pertandingan perempat final Euro 2016 untuk mengenang para korban serangan teror di Bandara Istanbul Ataturk, di Turki pada hari Selasa (28/6) lalu.

Dilansir dari Tribune, tiga tersangka pelaku bom bunuh diri melepaskan tembakan dan meledakan diri di bandara utama Istanbul, yang menewaskan 41 orang dan 239 orang luka-luka. Meskipun Turki berpartisipasi dalam turnamen di Prancis, mereka harus angkat koper lebih dulu setelah finish di urutan ketiga Grup D.

UEFA sebenarnya diperkirakan akan memberikan dukungan terhadap korban serangan dalam pertandingan perempat final mendatang. Hal ini karena berkaca pada kejadian serangan teror di Paris bulan November lalu, saat itu para pemain memakai ban lengan hitam dan ada mengheningkan cipta sebelum kickoff untuk menghormati korban.

Pada saat itu, UEFA mengeluarkan pernyataan sebagai berikut: “UEFA ingin menyampaikan dukungan dan solidaritas ke Prancis dan mereka yang terkena dampak perbuatan yang mengerikan.”

Namun, kenyataannya kali ini UEFA tidak memberikan penghormatan kepada korban teroris di Turki. Mereka menyatakan bahwa keheningan akan dilakukan jika ketika tragedi yang terjadi “terkait dengan sepak bola secara langsung, atau menimpa salah satu tim yang berpartisipasi atau negara tuan rumah.”

Di laga perdana perempat final, Portugal berhasil mengalahkan Polandia, kemudian tiga pertandingan perempat final lagi akan berlangsung secara bertutur-turut. Namun tidak satupun dari pertandingan tersebut yang akan menghormati korban serangan teroris di Istanbul di awal pekan ini.

Berikut merupakan beberapa reaksi dari Twitter terkait sikap dari UEFA.

rebutbola.com