Mark Clattenburg Wasit Untuk Final EURO 2016

Mark Clattenburg Wasit Untuk Final EURO 2016

145
0
SHARE
Mark Clattenburg Wasit Untuk Final EURO 2016
UEFA secara resmi menunjuk Clattenburg menjadi pengadil dilaga final

Mark Clattenburg Dikenal Sebagai Wasit yang Sering Bertindak Kontroversial di Liga Inggris

Rebutbola – Wasit asal Liga Inggris Mark Clattenburg akhirnya terpilih sebagai wasit untuk laga final EURO 2016 yang akan mempertemukan tuan rumah Prancis melawan Portugal pada 10 Juli mendatang di Stade de France.

Ini menjadi prestasi kebanggaan tersendiri bagi pria asal Inggris tersebut, pasalnya ini adalah final ketiga dirinya yang ia pimpin selama berkiprah menjadi wasit, terakhir kali ia memimpin laga final Liga Champions 2016 kala Real Madrid berhasil mengalahkan Atletico Madrid di Milan Italia.

Namun Clattenburg yang sudah menjadi wasit FIFA sejak tahun 2006 itu terkenal dengan wasit yang sering mengeluarkan keputusan kontroversial, ada beberapa keputusannya dianggap kontroversial seperti ketika ia memimpin laga Derby Merseyside antara Everton dan Liverpool pada Oktober 2007.

Mark Clattenburg siap menjadi ancaman kedua tim
Mark Clattenburg siap menjadi ancaman kedua tim

Clattenburg memberikan kartu kuning kedua kepada pilar Everton, Tony Hibbert. Yang menjadi kontroversi, Clattenburg terlihat berkomunikasi terlebih dahulu dengan Steven Gerrard sebelum merogoh kartu kuning dari sakunya. Ia juga pernah dikritik oleh manuel Pellegrini karena dituding membuat timnya Manchester City kalah dari Tottenham setelah gol offside Tottenham disahkan olehnya.

Kemudian ia juga pernah mendapat skorsing dari PGMO (Professional Game Match Officials Board) hingga tak bisa memimpin semua laga di Inggris. Itu akibat dugaan bahwa Clattenburg mengirimkan surat ancaman kepada rekan bisnisnya. Clattenburg yang memiliki bisnis peralatan elektronik diyakini memiliki hutang sebesar 175 ribu pounds kepada rekan bisnisnya.

Jadi mungkin Clattenburg bisa menjadi sinyal waspada kedua tim dalam laga nanti atau mungkin saja bisa menjadi keberuntungan bagi mereka yang diuntungkan dengan keputusan kontroversialnya.

Rebutbola.com