Data dan Fakta Final EURO 2016: Portugal vs Prancis

Data dan Fakta Final EURO 2016: Portugal vs Prancis

207
0
SHARE
Data dan Fakta Final EURO 2016: Portugal vs Prancis
Selebrasi gol skuat Prancis

Prancis Unggul, Portugal Beruntung

Rebutbola – Portugal akhirnya sukses melaju kababak Final EURO 2016 menantang tuan rumah, Prancis pada Senin, 7 Juli 2016 dinihari WIB yang sebelumnya sukses menumbangkan Jerman dengan skor 2-0.

Portugal melaju kebabak final setelah sebelumnya mendapat kritik pedas di fase grup. Berada di Grup F, Portugal sebenarnya menjadi negara yang diunggulkan untuk dapat lolos dengan mudah kebabak selanjutnya. Namun, penampilan yang menyedihkan justru di tampilkan oleh anak asuh Fernando Santos.

Baca juga: Rekor Pertemuan Portugal vs Prancis

Dari total tiga kali penampilan Portugal, tak satupun mereka lewati dengan kemenangan, hasilnya mereka lolos berkat bantuan peraturan baru EURO sebagai peringkat tiga terbaik bersama empat tim lainnya.

Data dan Fakta Final EURO 2016: Portugal vs Prancis
Ronaldo buat Portugal melangkah ke Final

Di babak selanjutnya, Portugal mendapat hadangan dari Kroasia, Polandia, dan Wales. Tak satupun yang dilewati dengan mudah, bahkan Saat melawan Polandia, mereka harus tuntaskan melalui babak adu penalti.

Berbeda dengan lawannya, Prancis justru melangkah dengan mudah kebabak final, satu-satunya hambatan adalah perlawanan sengit dari Jerman, meski mereka berhasil menang melalui dua gol yang diciptakan oleh Antoine Griezmann.

Sambil menunggu kick off partai final tersebut, berikut kami sajikan data dan fakta Portugal vs Prancis

  1. Kemenangan terakhir Portugal vs Prancis adalah pada pertandingan persabatan April 1975 silam. Kala itu Portugal menang dengan skor 2-0.
  2. Portugal hanya berhasil mencetak maksimal 1 gol dalam empat pertemuan terakhir kedua negara. Pada Oktober 2014 silam, Portugal mencetak 1 gol lewat Ricardo Quaresma saat kalah 2-1 di pertandingan persahabatan pelawan tim nasional Prancis.
  3. Ini adalah final kedua Portugal setelah kekalahan di final pertama mereka melawan Yunani dengan skor 1-0 EURO 2004. Yunani sukses mencetak satu gol lewat satu-satunya shoot on target yang mereka dapat selama pertandingan tersebut.
  4. Portugal menjadi tim nasional dengan jumlah pertandingan paling banyak dalam sejarah EURO tanpa sekalipun memenangkan turnamen ini. (34 pertandingan, 0 trofi)
  5. Selama ditangani oleh Fernando Santos, Portugal tak pernah terkalahkan dalam 13 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, dengan rincian 9 kali menang dan 4 kali seri.
  6. Ini akan menjadi pertemuan keempat Portugal vs Prancis di turnamen resmi, dan semuanya tersaji di partai semifinal (EURO 1984, EURO 2000, Piala Dunia 2006).
  7. Prancis berkesempatan memenangi turnamen ketiga mereka secara berturut-turut ketika menjadi tuan rumah. Sebelumnya mereka berhasil memenangkan EURO 1984 dan Piala Dunia 1998 yang diadakan di rumah mereka sendiri.
  8. Prancis tidak pernah terkalahkan dalam 18 pertandingan kandang mereka dengan rincian menang 16 kali dan seri sekali. Kekalahan terakhir mereka pada Juli 1960 di Kejuaraan Eropa perdana melawan Cekoslowakia (0-2).
  9. Prancis menjadi negara yang paling produktif dengan berhasil melesakan 13 gol selama EURO 2016.
  10. Didier Deschamps berkesempatan menjadi orang kedua untuk memenangkan Kejuaraan Eropa sebagai pemain dan sebagai manajer setelah Berti Vogts (Menang sebagai pemain pada tahun 1972, memenangkan manajer pada tahun 1996). Deschamps adalah kapten Perancis di Piala Dunia 1998 dan EURO 2000.
Rebutbola.com