Portugal 1-0 Prancis, Eder Bawa Seleccao Cetak Sejarah!

Portugal 1-0 Prancis, Eder Bawa Seleccao Cetak Sejarah!

118
0
SHARE
review prancis vs portugal

Supersub, Eder Jadi Penentu Kemenangan Portugal di Babak Perpanjangan Waktu

Rebutbola – Tuan rumah, Prancis harus tertunduk lesu karena harus kalah secara mengejutkan oleh Portugal di final Euro 2016 dengan skor tipis 1-0 lewat perpanjangan waktu. Gol semata wayang Cristiano Ronaldo dkk dicetak oleh pemain pengganti, Eder.

Babak pertama dimulai, kedua tim langsung bermain cepat dalam seperempat jam pertama. Portugal langsung menggebrak barisan pertahanan Prancis. Sepakan voli Luis Nani di kotak penalti setelah menerima umpan matang dari Joao Mario masih gagal menemui gawang yang dituju.

Prancis pun tidak mau kalah menyerang. Menerima umpan lambung dari Dimitri Payet, Antonie Griezmann langsung menandung bola secara terarah ke gawang lawan. Namun Rui Patricio masih bisa menghalau sundulannya dengan baik.

Malang bagi Portugal. Insiden buruk menimpa Ronaldo di menit ke-25. Kapten Seleccao berbenturan keras dengan Payet yang membuat dirinya harus ditarik keluar lapangan dan digantikan Ricardo Quaresma akibat cedera.

Ditariknya keluar membuat Seleccao tidak mempunyai banyak variasi serangan. Dan hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih kacamata.

Memasuki babak kedua, tim asuhan Didier Deschamps mendominasi laga. Mereka hampir saja unggul anda sepakan Paul Pogba di menit ke-54 tidak melambung tipis di atas mistar gawang.

Kemudian giliran striker jangkung, Oliver Giroud yang beraksi di menit ke-75.  Menerima umpan umpan terobosan mendatar dari Mousa Sissoko dari sisi kiri, sepakan bomber Arsenal itu masih bisa digagalkan oleh kiper Portugal.

Portugal bukan tanpa peluang. Di menit ke-80 mereka hampir saja unggul jika lob jarak jauh Nani tidak digagalkan oleh Hugo Lloris. Bola yang ditepis Lloris langsung disambar lewat tendagan salto Quaresma yang mengarah ke gawang Prancis, namun sekali lagi masih bisa diamankan oleh sang kiper.

Prancis bisa saja meraih kemenangan di babak normal. Pasalnya, sontekan Andre-Pierre Gignac di masa injury time hampir berbuah gol andai saja bola yang disepak tidak membentur tiang gawang. Skor pun berakhir imbang hingga babak normal berakhir dan laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, kedua tim bermain lebih terbuka. Nampaknya mereka tidak ingin memaksakan drama adu penalti.

Kedua tim melakukan jual beli serangan, namun masih gagal menemui jala lawan mereka masing-masing. Puncaknya di menit ke-109. Seleccao akhirnya memecah kebuntuan lewat sepakan terarah dari luar kotak penalti yang dicetak oleh Eder.

Portugal 1-0 Prancis, Eder Bawa Portugal Cetak Sejarah!
Proses gol Eder ke gawang Prancis

Portugal unggul 1-0 dan hingga babak perpanjangan waktu berakhir skor bagi kemenangan tim asuhan Fernando Santos pun bertahan. Akhirnya Portugal menjadi kampiun Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Susunan pemain:
Portugal (4-3-1-2): Rui Patricio; Raphael Guerreiro, Pepe, Jose Fonte, Cedric Soares; William Carvalho, Joao Mario, Renato Sanches; Adrien Silva; Luis Nani, Cristiano Ronaldo

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Bacary Sagna, Laurent Koscielny, Samuel Umtiti, Patrice Evra; Balise Matuidi, Paul Pogba; Moussa Sissoko, Antoine Griezmann, Dimitri Payet; Olivier Giroud

Rebutbola.com