Kisah Tim Hantu Timnas Argentina Tahun 1973

Kisah Tim Hantu Timnas Argentina Tahun 1973

643
0
SHARE
Kisah Tim Hantu Timnas Argentina Tahun 1973
Inilah Foto para Tim Hantu Argentina

Demi Mengalahkan Bolivia, Argentina Harus Menyiapkan Tim Hantu yang Tidak diketahui Media

Rebutbola – Kisah ini berawal di tahun 1973, kala itu Timnas Argentina dijadwalkan akan melawan timnas Bolivia di La Paz kota terbesar kedua Bolivia, dalam rangka menjalani babak kualifikasi Piala Dunia 1974 zona Amerika Selatan (CONMEBOL) Grup 2.

Permasalahan terjadi ketika tim yang berisikan Mario Kempes dan Oscar Fornari tersebut harus menjalani laga tandang, dimana mereka harus bertanding di ketinggian 3600 meter.

Itu adalah masalah terbesar bagi tim-tim sepakbola dari daerah yang lebih rendah, oksigen yang lebih tipis adalah kesulitan yang utama bahkan Lionel Messi pernah muntah-muntah dan Angel di Maria pernah mendapat bantuan oksigen karena bermain di La Paz.

Untuk mengakali hal tersebut, Argentina yang di arsiteki oleh Enrieque Omar Sivori kala itu membagi timnya menjadi dua yaitu tim A dan tim B.

Tim A yang berisi tim inti dikirim ke Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan yang dipimpin langsung oleh dirinya, sedangkan tim B yang berisi pemain muda yang belum terkenal dimana Mario Kempes muda masuk dalam tim tersebut dikirim ke Bolivia untuk menjalani pemusatan latihan dipimpin oleh asisten pelatih Miguel Ignomirielli.

Namun uniknya, tim B tersebut dirahasiakan oleh AFA keberadaannya dari media sehingga para media kala itu menyebut jika tim B adalah tim Hantu atau La Seleccion Fantasma.

Baca juga : [Bagaimana Kante akan pas dengan skema Conte]

Cerita tak berhenti sampai disitu, tim hantu tersebut harus menjalani masa-masa sulit di tempat persembunyiannya. Pihak AFA atau federasi sepakbola Argentina menelantarkan mereka dengan perbekalan dan fasilitas yang sangat minim. Hasilnya mereka yang seharusnya hanya menjalani 2 pertandingan uji coba harus menelan 5-6 pertandingan demi mendapatkan uang.

Mario Kempes dan kawan-kawan berlatih diketinggian 3800 meter
Mario Kempes dan kawan-kawan berlatih diketinggian 3800 meter

Namun pengorbanan para punggawa tim hantu di Bolivia akhirnya membuahkan hasil manis. 7 pemain hasil gemblengan di Bolivia itu berhasil masuk starting line up kala melawan Bolivia dan hasilnya Argentina berhasil menang dengan skor tipis 0-1 melalui gol dari Oscar Fornari sekaligus berhasil melaju ke Piala Dunia 1974 di Jerman Barat.

Tim hantu juga berhasil menjadikan Mario Kempes yang sebelumnya tidak terkenal menjadi striker kelas dunia dan itu dibuktikan dengan menjadi top skorer pada Piala Dunia 1978. Sampai saat ini kisah tim hantu Argentina 1973 selalu dikenang dan menjadi bagian dari sejarah pesepakbolaan Argentina.

Rebutbola.com