Mengetahui Proses Perjalanan Transfer Pemain

Mengetahui Proses Perjalanan Transfer Pemain

477
0
SHARE
Mengetahui Proses Perjalanan Transfer Pemain
Proses Terjadinya Perpindahan Pemain

Peran Agen Sangat Krusial Pada Tahap Transfer Pemain

Rebutbola –  Jadwal libur kompetisi benua Eropa seperti sekarang ini, pastinya akan dimanfaatkan betul oleh para klub untuk berburu pemain incarannya.

Jendela transfer musim panas Eropa, mayoritas akan berakhir pada 1 September mendatang, dimana momen seperti ini menjadi saat tersibuk bagi pihak manajemen klub dan para agen pemain yang mana sedang mengurusi proses perpindahan pemain dari klub satu ke klub lainnya.

Baca juga : [kisruh kontrak Mahrez dan Leicester]

Agen memainkan peran penting dari proses terjadinya transfer
Agen memainkan peran penting dari proses terjadinya transfer

Bukan hal yang cepat dan mudah untuk sebuah klub mendatangkan pemain dari klub lain, banyak serangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk bisa seorang pemain dapat bertukar jersey. Berikut kami coba rangkumkan serangkaian kegiatan proses terjadinya transfer pemain.

  • Pihak klub sudah mempunyai target pembelian

Tahap ini klub sudah mengetahui siapa yang akan menjadi target buruannya pada jendela transfer, biasanya klub mempunyai Scout yang sudah lama mengintai sang pemain, bahkan bisa mencapai bertahun-tahun sebelum akhirnya klub melakukan pendekatan kepada pemain. Banyak faktor yang mempengaruhi klub calon pembeli untuk memastikan target buruannya sesuai dengan kebutuhan mereka, mulai dari status pemain, permainan diatas lapangan, gaji, dan lain-lain.

  • Menghubungi agen target pemain incaran

Kali ini peran agen pemain sangat diperlukan klub calon pembeli, untuk mengetahui informasi detail dari pemain incarannya. Biasanya, pada saat melakukan pengintaian, pihak klub juga sudah melakukan komunikasi dengan agen pemain tersebut, agen disini akan memberi tahu informasi dari soal gaji, kontrak, hingga jenis kesepakatan apa yang ingin pemain dapatkan dari pihak calon pembeli, dan tidak lupa seberapa besar peluang sang pemain untuk pindah ke klub calon pembeli tersebut.

  • Proses negoisasi dengan pihak penjual

Jika kesepakatan secara pribadi dengan pemain target sudah menemui kata sepakat, maka kini pihak klub pembeli menghubungi pihak penjual dengan memberikan surat pembelian secara tertulis. Sebetulnya poin ini bisa menjadi awal proses transfer sebelum melakukan kesepakatan pribadi kepada sang pemain, namun biasanya klub peminat lebih menyukai perantara agen untuk memudahkan mereka dalam hal proses transfer pemain. Karena agen bisa juga menjadi perantara klub pembeli untuk menanyakan harga jual dari sang pemain. Ditahap ini, biasanya kedua Presiden klub yang akan turun tangan untuk bernegoisasi masalah harga dan pastinya sepengetahuan dari agen pemain tersebut.

  • Tes Medis

Jika kedua klub sudah mencapai kata sepakat soal harga sang pemain, maka pemain pun diijinkan untuk melakukan satu proses terakhir, sebelum benar-benar dipastikan berpindah klub yaitu tes medis. Tes medis ini bisa dibilang penentu, namun jika pemain tidak memiliki masalah kesehatan atau cedera, biasanya akan lolos dari tes medis. Perlu diketahui tes medis ini adalah hak kewenangan penuh dari dokter klub, jadi jika menurut mereka sang pemain tidak lolos tes medis, maka proses transfer akan gagal terlaksana.

  • Melapor ke pengelola Liga atau otoritas terkait

Ini juga menjadi hal yang penting dan jangan sampai terlewatkan, masih ingatkah kasus gagalnya David de Gea berseragam Real Madrid musim lalu? Pihak Real Madrid melakukan kesalahan kecil, namun fatal karena terlambat mengirim berkas-berkas seperti Isi perjanjian kontrak pemain, pembayaran fee agen, isi perjanjian jual beli dan lain-lain di masa tenggat transfer musim panas lalu kepada otoritas liga.

Jika hal terakhir sudah terlewati, maka proses transfer pun selesai dan pemain sudah dapat diperkenalkan ke publik oleh klub pembeli sebagai rekrutan baru mereka. Dan itulah serangkaian perjalanan tentang terjadinya sebuah proses transfer pemain.

Rebutbola.com