Ukuran Lapangan Sepakbola Berbeda-Beda. Kenapa?

Ukuran Lapangan Sepakbola Berbeda-Beda. Kenapa?

1177
0
SHARE
Ukuran Lapangan Sepakbola Berbeda-Beda. Kenapa?

FIFA Punya Range Tersendiri dalam Ukuran Lapangan Sepakbola

Rebutbola – Dalam sebuah pertandingan sepakbola resmi, dibutuhkan lapangan sepakbola yang memadai dan pastinya sudah ada ukuran tertentu yang telah ditetapkan. Namun, pernahkah Anda mengira bahwa ukuran lapangan sepakbola di setiap stadion tidaklah sama?

Dilansir dari Zanepedia Blog, Stamford Bridge, kandang Chelsea memiliki ukuran lapangan sepakbola seluas 103 x 67 meter. Sedangkan Wembley memiliki ukuran 105 x 69 meter. Lain halnya di Indonesia, yaitu Gelora Bung Karno yang memiliki ukuran lapangan sepakbola seluas 110 x 63 meter. Adakah yang salah dari ukuran lapangan sepakbola ketiga stadion di atas? Mengapa demikian?

FIFA sebagai organisasi sepakbola dunia, telah menyusun ukuran lapangan sepakbola standar yang digunakan untuk menjalankan pertandingan sepakbola. Namun, mereka tidak memberikan ukuran mutlak seperti lebar lapangan harus 65 meter, atau panjang lapangan harus 110 meter. Dilansir dari Sport, FIFA memberikan batas minimum dan maksimum untuk setiap ukuran.

Berikut detail ukuran lapangan sepakbola standar FIFA:

Ukuran lapangan secara keseluruhan:

– Panjang lapangan sepakbola minimum 90 meter

– Panjang lapangan sepakbola maksimum 120 meter

– Lebar lapangan sepakbola minimum 45 meter

– Lebar lapangan sepakbola maksimum 90 meter

Ukuran lapangan pada pertandingan tingkat internasional:

– Panjang lapangan minimum 100 meter

– Panjang lapangan maksimum 110 meter

– Lebar lapangan minimum 64 meter

– Lebar lapangan maksimum 75 meter

Ukuran Lapangan Sepakbola Berbeda-Beda. Kenapa?
Ukuran lapangan sepakbola menurut aturan FIFA

Garis tengah:

Garis tengah lapangan sepakbola diletakkan tepat di tengah lapangan dan membagi lapangan menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

Lingkaran tengah:

Lingkaran tengah mempunyai ukuran radius 9,15 meter. Disini pertandingan sepakbola dimulai atau sering disebut dengan kick off.

Area penalti:

Sebuah kotak berbentuk persegi panjang yang sering disebut dengan kotak penalti. Memiliki panjang 40 meter serta lebar 16,5 meter. Untuk melakukan tendangan penalti jaraknya 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih.

Gol area dan ukuran gawang:

Daerah ini merupakan area kekuasaan penjaga gawang sehingga jika ada benturan dengan kiper maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran. Ukuran dari area gawang adalah panjang 18,32 meter serta lebar 5,5 meter. Dan untuk tiang gawang ukurannya harus memiliki perbandingan 3 : 2 dan berbentuk persegi panjang dengan tinggi 2,4 meter serta lebar 7,3 meter.

Itulah mengapa stadion sepakbola memiliki ukuran lapangan yang berbeda antara stadion satu dengan stadion lainnya. Namun semuanya masih di dalam range yang sudah ditentukan oleh FIFA.

Rebutbola.com