Standarisasi Tinggi Untuk Calon Pemain Timnas U-19

Standarisasi Tinggi Untuk Calon Pemain Timnas U-19

290
0
SHARE
Standarisasi Tinggi untuk Calon Pemain Timnas U-19
Eduard Tjong - photo

Seleksi Timnas U-19 Kali Ini, Jauh Lebih Sulit dan Berat

Rebutbola ­– Mepetnya waktu persiapan skuat timnas U-19 untuk menghadapi Piala AFF U-19 pada bulan November ini, membuat pelatih Eduard Tjong menetapkan standar seleksi tinggi. Guna menyaring pemain terpilih yang pantas menggunakan jersey dengan logo “garuda di dada”.

Ada beberapa pemain yang mengungkapkan, bahwa seleksi kali ini lebih berat ketimbang dengan pagelaran Piala AFF 2013 lalu, dimana kali itu Evan Dimas dkk sukses menjadi kampiun setelah mengalahkan timnas Vietnam dalam ajang adu penalti.

Mantan pemain Persipasi Bandung Raya (PBR), Hanif Abdurrauf merasa seleksi timnas Indonesia U-19 tahun ini lebih berat dari edisi sebelumnya. Pasalnya, pelatih Garuda Muda, Eduard Tjong menggenjot latihan fisik juga dalam proses seleksi.

Hanif Abdurrauf
Hanif Abdurrauf

Menurut Hanif, hal tersebut wajar adanya dilakukan oleh pelatih. Sebab, ia sadar waktu yang dimiliki timnas untuk melakukan persiapan agar dapat meraih hasil yang maksimal saat berlaga di Piala AFF U-19 di Vietnam sudah tidak banyak.

Hanif menjadi salah satu pemain yang mengisi skuat timnas U-19 pada tahun 2015 untuk Piala AFF U-19, yang dilatih oleh Fakhri Husaini. Namun, tim tersebut gagal berlaga pada ajang sepakbola kelompok umur paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara, karena jatuhnya sanksi FIFA ke Indonesia.

“Latihan sekarang lebih digenjot fisiknya, mungkin karena mepetnya waktu bagi kami. Saat saya mengisi timnas U-19 tahun lalu, coach Fakhri tidak terlalu menggenjot fisik,” kata Hanif.

“Tapi itu bukan masalah besar buat saya. Karena saya tahu ini coach Eduard menginginkan kami bisa bermain baik saat Piala AFF U-19 nanti bergulir,” ia menambahkan.

Lebih lanjut, Hanif menyatakan tidak ada perbedaan besar strategi yang diterapkan Fakhri dengan Edu, sapaan akrab Eduard Tjong. Oleh karena itu, ia merasa optimistis dapat membela timnas di Piala AFF yang bakal bergulir 11-24 September mendatang.

“Saya sebagai pemain jujur merasa nyaman dengan coach Edu. Beliau menerapkan disiplin untuk para pemain yang sekarang seleksi,” ujarnya.

Rebutbola.com