Perkembangan Jersey Sepakbola dari Masa ke Masa

Perkembangan Jersey Sepakbola dari Masa ke Masa

358
0
SHARE
Perkembangan Jersey Sepakbola dari Masa ke Masa
Jersey tahun 1890 Aston Villa

Ternyata Pada Abad ke-18 Jersey Sepakbola Serba  Tertutup

Rebutbola – Bagi para pecinta sepakbola memiliki dan memakai jersey klub atau tim kesayangan menjadi kebanggan dan rasa cinta tersendiri kepada klub favorit.

Jersey juga diibaratkan sebagai tanda pengenal sebuah klub karena satu klub dan klub lainnya pasti memiliki jersey yang berbeda.

Baca juga : [Jadwal pertandingan Olimpiade Rio de Janiero dari cabang Sepakbola ]

Tapi tahukah kamu sejarah awal sebuah jersey dan bagaimana perkembangan jersey  sepakbola dari masa ke masa? berikut kami ulas sedikit tentang sejarah dan perkembangan jersey sepakbola dari masa ke masa.

  • Abad 18
Jersey Hertha BSC 1892
Jersey Hertha BSC 1892

Ini adalah periode awal dari populernya olahraga sepakbola di Inggris, pada abad ini jersey atau seragam yang dipakai kedua tim yang bertanding tidak memiliki aturan yang khusus sehingga pada waktu itu banyak pemain yang bebas sesuka hati memakai pakaian apa saja. Pada masa ini juga jersey yang dikenakan besar dan longgar, bukan hanya itu saja, bahan digunakan dari bahan wool yang tebal dengan celana model panjang dan serba tertutup. Di akhir abad 18  atau lebih tepatnya ditahun 1891akhirnya FA memberlakukan aturan dimana semua tim harus memakai pakaian yang seragam dan mendaftarkan warna seragam yang akan dipakai.

  • Abad 19
Jersey tahun 1974
Jersey tahun 1974

Pada masa ini seragam sudah terbuat dari bahan katun yang pastinya lebih ringan, bukan hanya itu saja seragam yang tadinya longgar pun berubah menjadi sempit dengan adanya penambahan kerah dan pola yang rumit. Pada tahun 1928,  jersey diharuskan memiliki nomor punggung sebagai identitas para pemain. Pada pertengahan abad 19 atau lebih tepatnya tahun 1950-1960, bahan sintetis mulai dilirik sebagai pengganti katun. Kemudian penambahan aksen ‘V’ pada kerah dan logo klub mulai ditempel pada seragam. Di periode akhir abad 19 jersey menjadi sebuah bisnis baru yang menghasilkan uang bagi klub, dimana pihak klub menyediakan ruang kosong untuk para sponsor menaruh identitas mereka pada seragam klub.

  • Abad 20
Jersey tahun 2015
Jersey tahun 2015

Pada masa saat ini teknologi pada jersey sudah terbilang canggih dimana pihak apparel penyedia jersey berlomba-lomba berinovasi menghasilkan teknologi terbaru dalam jersey seperti alat pengukur detak jantung, pendeteksi kelelahan suatu pemain dan masih banyak lagi. Pada saat ini bahan lycra, dri-fit,  dan slim-fit pun mulai menggantikan jersery-jersey yang ada pada masa 1980-2000  yang di masa itu memakai jersey yang besar dan longgar.

(yud)

Rebutbola.com