Menghitung Peluang Lolos Timnas Indonesia di Grup Piala AFF 2016

Menghitung Peluang Lolos Timnas Indonesia di Grup Piala AFF 2016

1225
0
SHARE
11 Pemain Terbaik Keturunan Indonesia
11 Pemain Terbaik Keturunan Indonesia

Perubahan Peta Kekuatan di Asia Tenggara Membuat Timnas Indonesia Tidak Menjadi Unggulan di AFF 2016

Rebutbola – Pada akhir bulan November 2016 ini, pagelaran Piala AFF akan memainkan hajatnya. Pada edisi ke 10, Myanmar dan Filipina yang bertindak sebagai tuan rumah. Setelah terlepas dari sanksi FIFA, Indonesia pun memastikan keikutsertaannya pada ajang kali ini.

Tergabung di grup A yang berstatus sebagai grup neraka, timnas Indonesia akan menghadapi tiga lawan mereka yang tidak bisa diremehkan, yaitu Thailand, Singapura dan tuan rumah Filipina.

Ini Dia Bocoran Tipikal Pemain Untuk Timnas Indonesia
Wolfgang Pikal dan Alfred Riedl di sesi latihan timnas Indonesia

Sebelum pengundian grup, dilakukan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia secara resmi menunjuk Alfred Riedl sebagai pemoles skuat Merah Putih untuk bertarung di Filipina nanti.

Lalu bagaimanakah peluang timnas garuda dalam Piala AFF 2016 kali ini? Menurut kami peluang Riedl bersama anak asuh nanti nampaknya akan cukup berat, ada beberapa faktor yang membuat kami hanya memberikan presentase 30% untuk kelolosan timnas Indonesia.

Waktu yang Mepet

Direkrutnya Alfred Riedl dengan jenjang waktu dua bulan sebelum Piala AFF dimulai, dirasa tidak cukup untuk memberikan pelatih berkebangsaan Austria tersebut melakukan pemetaan dalam usahanya mencari para pemain dengan maksimal.

Alfred Riedl Tidak Update

Pasca kegagalan totalnya pada Piala AFF 2014 lalu, membuat Riedl untuk kembali ke kampung halamannya, apalagi dia mengaku tidak bisa memantau perkembangan sepakbola Indonesia yang pada saat itu sedang tidak ada kompetisi akibat pembekuan dari Menpora.

Pembatasan Pemain

Kebijakan yang diberikan oleh klub, yang hanya menyanggupi memberikan maksimal dua pemain saja untuk membela timnas, membuat staff kepelatihan bingung untuk membentuk kekuatan timnas Indonesia secara utuh

Pembekuan Sepak Bola Indonesia

Satu tahun pembekuan yang diberikan oleh FIFA untuk Indonesia, membuat PSSI sebagai wadah pembinaan pemain harus menghentikan program kerjanya. Sementara negara-negara Asia Tenggara lainnya dengan gesit mampu meninggalkan kita dalam hal pembinaan.

Minimnya Laga Internasional

Semenjak pembekuan tersebut juga tim merah putih hampir satu tahun tidak pernah melakukan latih tanding atau melakoni laga internasional dengan negara lain. Hal ini membuat timnas kita akan sedikit canggung dan kurang kompak pada laga nanti.

Filipina dan Thailand

Kekuatan dua tim ini, akan dipastikan menyulitkan langkah Alfred Riedl dan anak asuhnya di grup A nanti. Thailand yang merupakan musuh bebuyutan Indonesia hingga saat ini, masih memegang rekor kemenangan dengan mampu 36 kali menang, sedangkan timnas Indonesia hanya mampu mencatat 26 kali kemenangan. Sementara Filipina yang dahulu menjadi anak bawang, kini sudah menjelma menjadi kekuatan baru di Asia Tenggara.

Riedl mungkin masih ingat pada Piala AFF 2012 di Vietnam lalu, dirinya harus menanggung malu dikalahkan telak oleh negeri petinju Many Pacqiauo tersebut, dengan skor empat gol tanpa balas.

Nah begitulah pemaparan kami untuk kesempatan lolos timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Bagaimana menurut kalian para rebuters?Berikan vote kalian dibawah sini!

Seberapa Besar Persentase Kelolosan Timnas Indonesia di Piala AFF Kali Ini?

View Results

Loading ... Loading ...
Rebutbola.com