Tuntutan Bonek Didengar! Inilah Perjalanan Aksi Bonek di Jakarta

Tuntutan Bonek Didengar! Inilah Perjalanan Aksi Bonek di Jakarta

221
0
SHARE

Tuntutan Para Bonek Akan Dibahas saat Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI

Rebutbola Aksi Bonek Mania, yang datang menyerbu DKI Jakarta untuk menuntut pengakuan dari PSSI, kepada tim kesayangan Persebaya Surabaya yang pada beberapa saat lalu memenangkan gugatan di Pengadilan Negeri Surabaya, akhirnya sudah membuahkan sedikit hasil.

Mereka menuntut agar klub asal Surabaya itu, bisa diakui kembali oleh PSSI yang sempat mencoretnya beberapa tahun lalu, karena dianggap bermain di kompetisi ilegal.

Kondisi Terkini Stadion Tugu Jakarta di Bawah Penguasaan Bonek
Para Bonek sudah memadati Stadion Tugu Jakarta Utara – photo by rebutbola

Pada Selasa (2/8), Pasukan Bajul Ijo sudah memadati titik kumpul mereka di Stadion Tugu, Pegangsaan 2 Jakarta Timur. Ratusan para pembela Persebaya 1927 ini, mulai melancarkan aksinya di Stadion yang pernah menjadi markas dari Persitara tersebut. Perlahan pasukan Bonek Mania berdatangan dan mulai berkumpul menjadi satu kesatuan.

Pada hari itu, sudah diagendakan mereka akan melakukan aksi damai di depan kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia, namun agenda itu akhirnya tidak bisa terselenggara karena pada hari yang sama, di seputaran Senayan sedang berlangsung KTT Ekonomi Negara Islam.

Pada keesokan harinya (3/8), beberapa Bonek Mania pun datang menghadiri Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Mercure Ancol, sebelumnya PSSI tidak mengundang perwakilan Persebaya Surabaya.

Berkat aksi tersebut, akhirnya pihak PSSI berjanji akan membawa permasalahan yang dialami Persebaya Surabaya ke dalam kongres 17 Oktober mendatang. Kepastian tersebut diucapkan langsung oleh ketua pelaksana tugas PSSI, Hinca Pandjaitan saat KLB Ancol, di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Rabu (3/8).

Bahkan, satu hari sebelum kongres dilaksanakan, salah satu anggota komite eksekutif PSSI, Toni Apriliani sudah melakukan tatap muka dengan para Bonek di Stadion Tugu. Dalam pertemuan itu, Toni berjanji dan sudah membuat nota kesepakatan untuk mengembalikan hak Persebaya seperti semula.

Kesepatan tersebut juga sudah dituangkan PSSI saat KLB dilaksanakan. Hinca bersama dengan beberapa orang anggota eksekutif menandatangani surat yang berisi akan membahas masalah Persebaya ini.

“Kami putuskan bahwa masalah tersebut akan dibawa ke kongres. Tentunya dengan masukan-masukan. Tapi yang terpenting kami sudah catat bahwa masalah Persebaya menjadi agenda kongres 17 Oktober,” kata Hinca.

Rebutbola.com