Asupan Buah untuk Pesepakbola Profesional

Asupan Buah untuk Pesepakbola Profesional

235
0
SHARE
Asupan Buah Untuk Pesepakbola Profesional
Asupan Buah Untuk Pesepakbola Profesional

Buah-Buah Rekomendasi Para Ahli yang Bisa di Konsumsi Oleh Pesepakbola

Rebutbola – Kebugaran Tubuh adalah hal yang mutlak harus dimiliki oleh pesepakbola  baik amatir maupun profesional. Tak jarang para pemain harus memakan banyak suplemen untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Namun, pengkonsumsian suplemen dinilai kurang efektif untuk digunakan jangka panjang. Potensi efek samping yang ditimbulkan menjadi salah satu perhatian para ahli gizi untuk membatasi pemakaian suplemen-suplemen penambah tenaga tersebut.

Para ahli kemudian mengalihkan perhatian publik kearah makanan sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak buah. Beberapa buah dinilai mempunyai manfaat penting bagi tubuh guna menjaga kebugaran serta memperbaiki daya juang tubuh agar tak mudah lelah.

Namun, tak sembarang buah yang bisa dikonsumsi para atlit. Dikutip dari beberapa ahli nutrisi, berikut daftar buah yang sangat berguna untuk mempercepat pemulihan tubuh serta meningkatkan tenaga dan performa permainan:

Pisang

Menurut Dr. Stewart Laing yang bekerja sebagai konsultan latihan Fisiologi dan Olahraga, Nutrisi yang terkandung dalam buah yang berwarna kuning ini sangat bermanfaat untuk jantung, otot, saraf, ginjal, dan tulang. Mengkonsumsi pisang sebelum bertanding dinilai sangat ideal karena punya kaya akan karbohidrat yang bisa diubah menjadi energi untuk tubuh.

Kismis

Laing menuturkan lebih lanjut bahwa selain pisang, para atlet sepakbola bisa mengkonsumsi buah dalam kondisi yang sudah dikeringkan.

“Buah-buahan selalu baik dalam kondisi segar dan matang, namun dalam konteks asupan sumber tenaga dan nutrisi sebelum pertandingan sepak bola, ada baiknya kita memadukan yang segar dan yang sudah dikeringkan,” kata Laing.

“Kismis, Blackcurrants, dan Ara bisa menjadi sumber energi dari gula alami.” Tambahnya

Aprikot

Selain dua buah tadi, Liang juga menambahkan bahwa Aprikot bisa jadi kudapan yang ideal sebelum pertandingan dimulai.

“Kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, potasium, zat besi, dan betakaroten. Buah ini dinilai dapat membantu menjaga jantung, memberi nutrisi buat paru-paru, dan menghentikan batuk. Demi memperoleh suplai energi yang lebih besar dari buah ini, makanlah yang sudah dikeringkan” Ujar Liang lebih lanjut.

Arbei

Selain Aprikot, Arbei dinilai menjadi santapan yang ideal sebelum menjalankan pertandingan yang baik buat membantu sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun akibat latihan berat.

“Buah antioksidan ini bisa menetralisir radikal bebas yang diproduksi saat tubuh bermetabolisme serta melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas itu tadi,” kata Laing

Stroberi

Menurut ahli Nutrisi dari SportScotland, Ruth McKean Buah khas berwarna merah ini dapat membantu mengurangi kebutuhan oksigen saat latihan, sehingga badan tidak cepat lelah.

“Campurkan juga dengan anggur yang juga dikenal sebagai sumber nitrat.” Ujar Ruth.

Rebutbola.com