5 Stadion Terbaik di Liga Inggris

5 Stadion Terbaik di Liga Inggris

1611
0
SHARE
Susunan Pemain Terbaik Liga Inggris Pekan Pertama
Logo Liga Inggris 2016/2017 - photo

Klub Besar Liga Inggris Dominasi Stadion Terbaik

Rebutbola – Stadion merupakan perangkat utama dalam pelaksanaan pertandingan pada sebuah kompetisi, kualitas stadion juga yang mendukung bagaimana suatu pertandingan akan berlangsung. Kali ini, kami akan mengulas lima stadion terbaik di kompetisi nomor satu benua Eropa, yaitu Liga Inggris.

Apakah stadion dari tim kesayangan anda masuk dalam jajaran lima stadion terbaik di kasta tertinggi kompetisi negeri Ratu Elizabeth ?

Old Trafford

Old Trafford
Old Trafford

Stadion yang menjadi markas ManUnited sejak tahun 1910 ini, memiliki kapasitas penonton 75.653 merupakan kapasitas nomor dua terbesar di Inggris setelah stadion Wembley. Stadion yang pernah menjadi sasaran peledakan pada perang dunia II ini, mempunyai beberapa fasilitas mewah.

Old Trafford atau biasa di juluki “The Theatre of Dreams” memiliki fasilitas yang sangat mewah di sekitar area stadion, seperti Red Café (Restoran mewah yang bertema Manchester United) dan museum Manchester United yang sangat terkenal dan telah dikunjungi oleh 300.000 pengunjung dari seluruh dunia sejak tahun 2009.

Rumput stadion di Old Trafford, rupanya menggunakan artificial grass, atau biasa disebut dengan rumput sintetis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rumput sintetis ini adalah bahan polietilena atau polyethylene, bahan  yang dibuat melalu proses polimerisasi radikal, polimerisasi adisi anionik, polimerisasi ion koordinasi dan polimerisasi adisi kationik. Bahan polietilena ini terdiri dari 4 jenis rumput sintets yang berbeda, dan dapat di custom sesuai kebutuhan rumput sintetis yang diperlukan.

Menurut riset, rumput ini memiliki beberapa kelebihan seperti :

  1. Rumput tidak akan mengotori baju dan sepatu para pemain
  2. Rumput ini tidak akan menahan laju permainan karena tidak ada gundukan tanah yang terbentuk
  3. Rumput sintetis lebih mudah dalam segi perawatan ketimbang rumput asli.

Emirates Stadium

emirates stadium
emirates stadium – photo

Stadion yang resmi menjadi markas Arsenal sejak 22 Juli 2006 lalu ini, mempunyai kemegahan yang sudah terpancar dari luar stadion. Ornamen menarik yang terbuat dari kaca-kaca dengan perpaduan panel logam, polycarbonet dan baja yang mendominasi pada bagian luar.

Emirates Stadium memiliki kapasitas 60.361 tempat duduk, kualitas rumput di stadion ini merupakan yang terbaik dikelasnya, bahkan sering sekali menuai pujian dari para pemain lawan. Salah satunya pujian dari Thomas Muller.

“Lapangan di sini (Emirates) seperti karpet di kamar saya. Selalu menyenangkan. Tapi hanya menyenangkan bila anda menang. Itulah mengapa kami ada di sini,” puji Muller.

Bukan hanya para pemain yang dimanjakan oleh pihak pengelola, akan tetapi fasilitas untuk para pengunjung tidak dilupakan. Pihak pengelola membuat cafe dan pusat perbelanjaan di dalam stadion.

Etihad Stadium

Etihad Stadium outside - photo
Etihad Stadium outside – photo

Stadion yang menjadi markas dari ManCity ini, dahulu bernama City of Manchester, perubahan nama ini dilakukan setelah pihak klub meneken kontrak dengan perusahaan penerbangan asal Abu Dhabi.

Untuk masuk ke Etihad Stadium, para pengunjung menggunakan contactless smart card. Dengan sistem ini, stadion bisa dikunjungi 1.200 orang per menit dari semua pintu masuk. Di bawah stadion juga terdapat akses khusus untuk tim lawan Manchester City. Dari lorong ini pula terdapat jalur evakuasi.

Dengan fasilitas canggih dan kapasitas yang besar, maka tak jarang Etihad Stadium digunakan untuk berbagai acara, salah satunya konser musik. Beberapa musisi yang sukses menggelar pertunjukan di sini adalah Red Hot Chili Peppers, Take That, U2, Rod Stewart, Foo Fighters, Manic Street Preachers, Muse, Bon Jovi, Coldplay dan Oasis. Nama grup band terakhir ini kerap menyambangi Etihad Stadium

Di Stadion ini bahkan tersedia fasilitas masjid. Pembangunan masjid diyakini atas prakarsa pengusaha Abu Dhabi, Sheik Mansour bin Zayed Al Nahyan yang membeli ManCity pada tahun 2008 tahun lalu.

Stadium Olympiade London

Stadium Olympiade London
Stadium Olympiade London

Pada awalnya, stadion ini direnovasi untuk menyambut pagelaran Olympiade pada tahun 2012, namun pada Liga Inggris musim 2016/2017, akan digunakan klub West Ham United sebagai markas dari klub asal London tersebut.

West Ham diharuskan membayar biaya sewa, mengingat stadion tersebut bukan milik mereka.

Detail biaya sudah dirilis pada Kamis 14 Mei 2016 ini, dan terungkap bahwa West Ham harus membayar £2,5 juta per musim untuk menyewa stadion yang telah disepakati akan dijadikan markas The Hammers selama 99 tahun itu.

Biaya £2,5 juta itu bakal membengkak mengingat ada biaya tambahan yang harus dipenuhi jika West Ham mampu finis di urutan 10 besar, atau lebih baik di Liga Inggris.

Seluruh biaya sewa tersebut dibayarkan kepada London Legacy Development Corporation (LLDC) selaku pemilik stadion. Sebelumnya LLDC telah memohon kepada pengadilan agar biaya kontrak sewa ini dirahasiakan, namun ditolak. Detail kontrak lainnya meliputi biaya £4 juta kepada LLDC jika West Ham menyepakati hak nama stadion.

Stamford Bridge

Stamford Bridge
Stamford Bridge

Kandang dari Chelsea ini mampu menampung 41.789 penonton, lebih kecil memang ketimbang Old Trafford dan Emirates Stadium, namun janganlah lihat dari kualitas bangku penonton saja.

Stadion yang dibuka pada tahun 1877 ini, mempunyai beberapa fasilitas yang cukup mewah, salah satunya adalah ruang ganti pemain. Di stadion ini locker room bak kamar hotel mewah, ada bathup, ruang relaksasi, ruang khusus pelatih dan strategi bahkan para pemain memiliki kamar mandinya masing-masing.

Rebutbola.com