Kumpulan Duet Maut Striker Indonesia di Piala AFF

Kumpulan Duet Maut Striker Indonesia di Piala AFF

590
0
SHARE
Hadapi Malaysia Skuat Garuda Dipenuhi Talenta-Talenta Muda
Bendera Indonesia kembali berkibar

Striker Indonesia Punya Kelas Tersendiri di Piala AFF

Rebutbola Tim Nasional (timnas) Indonesia pada 18 November 2016 nanti, akan memulai kompetisi internasional perdananya di Piala AFF 2016, yang akan diselenggarakan di dua negara yaitu Myanmar dan Filipina. Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina.

Dalam keikutsertaannya dari 1996, timnas Merah Putih belum sama sekali menjadi raja di kawasan Asia Tenggara ini. Namun dalam ajang yang dulu bernama Piala Tiger,  Indonesia mampu menghadirkan beberapa duet striker yang cukup menakutkan dalam turnamen ini.

Lalu siapa sajakah para duet mau dilini serang tersebut. Berikut kami sajikan beberapa diantaranya:

Piala Tiger 1996 (Ferry Sandria – Widodo C Putro)

Widodo C Putro dan Ferry Sandria merupakan juru gedor menakutkan kala itu di kompetisi dalam negeri. Tidak salah kalau pelatih timnas saat itu Danurwindo menempatkan kedua striker tersebut kedalam skema permainannya. Namun duet striker papan atas Indonesia tersebut tidak bisa membawa Indonesia ke babak final, setelah di semi final dikalahkan oleh Malaysia 3-1.

Piala Tiger 1998 (Widodo C Putro – Mirabaldo Bento)

Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 1998 - photo
Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 1998 – photo

Pada edisi keduanya kali ini Widodo C Putro kembali menjadi pilihan pertama dilini serang, namun pemain yang menciptakan gol fantastis di Piala Asia 1996 ini mempunyai tandem baru, yaitu Mirabaldo Bento. Kedua duet bomber ini sejatinya mampu berbicara banyak dalam kompetisi ini dengan gelontoran tujuh gol yang mereka berdua ciptakan, namun karena skandal sepakbola gajah membuat kegemilangan mereka terbuang percuma.

Piala Tiger 2000 (Gendut Dony – Kurniawan Dwijulianto)

Gendut Doni (kiri), Budi Sudarson (tengah), Kurniawan (kanan)Barulah pada edisi Piala antar negara Asia Tenggara ketiga ini bomber Indonesia mampu menunjukan kelasnya. Diwakili oleh duet Gendut Dony Chirstiawan dan Kurniawan Dwi Julianto, pada laga ini juga Indonesia mampu menembus partai final namun harus rela dikalahkan dipartai final oleh tuan rumah Thailand 4-1. Akan tetapi  Gendut Donny mampu menjadi top skorer pada turnamen ini.

Piala Tiger 2002 (Bambang Pamungkas – Budi Sudarsono)

bambang pamungkas & budi sudarsono
bambang pamungkas & budi sudarsono

Pada pagelaran yang dilangsungkan di Indonesia, untuk kedua kalinya striker Indonesia kembali menjadi top skorer. Bambang Pamungkas mampu menjadi pemimpin daftar pencetak gol dengan raihan 8 gol dan diikuti rekan tandemnya di timnas yaitu Budi Sudarsono yang menguntit diposisi kedua.

Piala Tiger 2004 (Boaz Salosa – Ilham Jayakusuma)

Boaz Salosa & Ilham Jayakusuma - photo
Boaz Salosa & Ilham Jayakusuma – photo

Pada ajang ini muncul duet baru striker Indonesia, yang diisi oleh Ilham Jayakusuma dan sang wonder kids Boaz Salosa. Aksi dua pemain debutan itu bagaikan duet pasangan emas di serial kartun Kapten Tsubasa. Duet ini pula mampu memunculkan Ilham Jayakusuma sebagai top skorer dengan raihan tujuh gol.

Piala AFF 2008 (Bambang Pamungkas – Budi Surdasono)

Duet striker pagelaran Piala AFF 2002 kembali terulang. Bilamana pada 2002 lalu Bambang Pamungkas yang menjadi top skorer, untuk kali ini sang tandem Budi Sudarsono yang menjadi pemimpin daftar pencetak gol dengan raihan sama dengan BP pada kala itu yaitu delapan gol.

Piala AFF 2010 (Cristian Gonzales – Irfan Bachdim)

Kali ini duet striker Indonesia beda dari edisi Piala AFF sebelumnya. Pada edisi ke-tujuh ini duet striker Indonesia diisi oleh dua penyerang naturalisai. Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim menjadi andalan pelatih Indonesia kala itu Alfred Riedl di lini serang dan mampu mengantarkan timnas Merah Putih ke babak final.

Rebutbola.com