Sejarah Indonesia Dalam Piala AFF

Sejarah Indonesia Dalam Piala AFF

294
0
SHARE
Sejarah Indonesia Dalam Piala AFF
Skuad Indonesia

Mulai Dari Kontroversi Sepakbola Gajah Hingga Spesialis Runner Up Mewarnai Sejarah Indonesia Dalam Piala AFF

Rebutbola – Piala AFF atau dahulu biasa orang sebut sebagai Piala Tiger adalah sebuah kompetisi tertinggi di kawasan Asia Tenggara, kompetisi yang diikuti oleh para peserta negara Asean ini kembali akan digelar pada akhir tahun ini dimana Filipina dan Myanmar akan menjadi tuan rumah dalam edisi ke-10 ini.

Baca juga : [Sosok penting dibalik kepulangan Pogba ke United]

Indonesia spesialis runner up
Indonesia spesialis runner up

Timnas Indonesia mempunyai sejarah panjang dalam keikutsertaannya di Piala AFF kali ini, dan ini adalah momen-momen sejarah Indonesia dalam gelaran Piala AFF.

  • Kontroversi Sepakbola Gajah

Insiden yang mencoreng nama baik Indonesia dimata dunia berawal dari pertandingan terakhir di fase grup piala AFF 1998, dimana kala itu Indonesia dan Thailand harus saling bentrok untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara grup . namun anehnya kedua tim ini sepertinya tidak mau menang karena mereka enggan bertemu melawan Vietnam di babak semifinal, Indonesia pun akhirnya kalah lewat gol bunuh diri yang lucunya dirayakan oleh para pemain Indonesia kala itu. Karma pun terjadi Indonesia akhirnya harus gugur setelah dikalahkan oleh Singapura dibabak semifinal.

  • Gol Dramatis Gendut Doni di Piala AFF 2000

Gendut Doni pada pegelaran Piala AFF tahun 2000 berhasil menyabet sebagai pencetak gol terbanyak, namun yang paling ia kenang adalah ketika dirinya mencetak gol dramatis yang menghantarkan Indonesia ke final meski akhirnya kalah oleh Thailand. Di laga semifinal bertemu Vietnam, Indonesia sudah unggul 1-2 atas Vietnam, namun gol pemain Vietnam pada menit terakhir membuyarkan final bagi Indonesia. Pertandingan pun berjalan hingga waktu perpanjangan 2×15 menit, ketika pertandingan hampir dipastikan lanjut ke babak adu penalti, Gendut Doni muncul sebagai pahlawan Indonesia berkat golnya di menit 120.

  • Kemenangan 13 Gol Indoneseia Atas Filipina

Pada piala AFF 2002, Indonesia berhasil mencatatkan rekor dengan kemenangan terbesar yaitu 13-1 atas Filipina di Gelora Bung Karno. Bambang Pamungkas dan Zainal Arif berhasil menghancurkan the azkals dengan masing-masing 4 gol yang mereka ciptakan.

  • Comeback di Semifinal Leg Kedua

Pada AFF 2004, kompetisi ini sudah memakai sistem home and away ketika di pertandingan semi final dan final. Saat itu Indonesia yang masuk semi final menghadapi Malaysia harus kalah di leg pertama yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno dengan skor 1-2. Misi berat kala itu hampir saja gagal tercapai di Bukit Jalil Malaysia, indonesia lagi-lagi harus tertinggal 1-0 di babak pertama leg kedua, namun timnas mampu bangkit di babak kedua dengan memberondong empat gol sehingga skor akhir agregat pun menjadi 5-3 untuk kemenangan Indonesia.

  • Tragedi Final AFF 2010

Indonesia sejatinya diunggulkan untuk menjadi juara pada Piala AFF 2010 ketika di final menghadapi Malaysia, pasalnya ketika di fase grup Indonesia berhasil membantai Malaysia dengan skor 5-1. Namun petaka terjadi di leg pertama final di stadion bukit jalil malaysia, Indonesia dipaksa takluk 3-0 dari harimau malaya, dan Indonesia memang berhasil mencatat kemenangan di GBK pada leg kedua dengan skor 2-1, namun masih belum cukup untuk menyamakan agregat gol dari Malaysia.

Rebutbola.com