Kelebihan dan Kekurangan Liverpool Musim Ini

Kelebihan dan Kekurangan Liverpool Musim Ini

199
0
SHARE
Kelebihan dan Kekurangan Liverpool di Musim Ini
Perubahan besar Liverpool di musim ini

Berikut ini Adalah Kelebihan dan Kekurangan Liverpool di Musim Ini

Rebutbola – Liverpool berhasil membuka musim 2016/2017 dengan cara yang meyakinkan, dimana mereka berhasil memenangkan pertandingan perdana yang juga laga tandang melawan Arsenal dengan skor 3-4.

Ini menjadi start yang bagus untuk skuat Juergen Klopp, pasalnya dimusim perdananya, Klopp hanya bisa membawa Liverpool ke posisi delapan besar.

Baca juga : [Susunan pemain terbaik Liga Inggris di pekan pertama]

Perubahan-perubahan klub berjuluk the reds ini pun mulai nampak di era baru Klopp musim ini, namun setiap perubahan memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut ini kami coba untuk menganalisa kelebihan dan kekurangan Liverpool di musim 2016/2017.

Kelebihan

  • Skema Gegenpressing Lebih Berkembang di musim ini

Contoh nyata adalah ketika Liverpool berhasil menang meyakinkan atas Barcelona dengan skor 4-0. Di pertandingan itu, terlihat Barca kedodoran kala harus mendapat skema agresif gegenpressing dari anak-anak Liverpool.

  • Skema Penyerangan Lebih Bervariatif

Masuknya Sadio Mane dan Giorginio Wijnaldum semakin membuat lini serang Liverpool semakin berbahaya, kini Liverpool tak lagi mengandalkan Philippe Coutinho sebagai tulang punggung Liverpool. Kecepatan Mane dalam menyisir sisi sayap akan sangat berbahaya bagi tim lawan, belum lagi ditambah dengan para pemain lainnya sehingga membuat skema penyerangan lebih bervariatif dan berbahaya.

  • Jumlah Gol Liverpool Meningkat

Berbahayanya lini serang Liverpool, berimbas pada jumlah gol yang Liverpool ciptakan ke gawang lawan. Dalam 2016 ini saja, Liverpool berhasil menang dengan skor lebih dari empat gol sebanyak 5 kali, dan menjadi salah satu tim dengan tingkat kesuburan diatas rata-rata klub Liga Inggris lainnya.

Kekurangan

  • Masih Lemahnya Lini Pertahanan Liverpool

Jelas terlihat Liverpool tampak kedodoran ketika menghadapi skema serangan balik, dan contohnya ketika melawan Arsenal, dimana mereka yang sudah unggul 1-4 mampu diperkecil menjadi 3-4 hanya dalam waktu yang singkat. Ini menjadi barometer bahwa Klopp tidak hanya fokus pada lini serang namun juga harus memikirkan lini pertahanan.

  • Menumpuknya Persaingan dilini Depan

Memiliki banyak pemain depan membuat harmonisasi tim bisa terganggu, setidaknya Liverpool memiliki Adam Lallana, Sadio Mane, Divock Origi, Daniel Sturridge, Philippe Coutinho, dan Christian Benteke di depan. Jika Klopp tidak bisa mengatur dengan baik, ini bisa menjadi masalah serius di kemudian hari.

  • Kedodoran dimenit-menit Akhir Pertandingan

Skema gegenpressing mengharuskan para pemain untuk terus berlari dan bergerak mengikuti arah bola, hal ini dapat berakibat menurunnya stamina dan energi para pemain ketika memasuki menit-menit pertandingan. Jelas ini akan sangat berbahaya, mengingat lawan biasanya akan menjadi sangat bahaya ketika menjelang habisnya waktu pertandingan.

Rebutbola.com