3 Pemain Belia Indonesia yang Berkarir di Eropa

3 Pemain Belia Indonesia yang Berkarir di Eropa

370
0
SHARE
3 Pemain Belia Indonesia yang Berkarir di Eropa

Martunis Punya Peluang Ikuti Rekam Jejak Ayah Angkatnya

Rebutbola – Pembekuan PSSI untuk menjalani aktivitasnya di kancah sepakbola internasional oleh FIFA sudah dicabut. Dengan demikian timnas Indonesia dapat kembali berlaga di pentas internasional, yang terbaru yaitu Piala AFF 2016.

Pembekuan PSSI oleh FIFA sebelumnya memang berdampak pada pesepakbola yang berkarir di tanah Nusantara. Selain itu konflik dalam perhelatan Liga Indonesia sebelumnya membuat banyak dari pesepakbola yang menganggur atau memilih berkarir di luar negeri. Menapaki karir sepakbola di luar negeri memang cukup menjanjikan, namun tidaklah dapat dilalui dengan mudah, apalagi di benua biru Eropa.

Berikut kami sajikan sejumlah pesepakbola Indonesia yang berkarir di Eropa.

1. Martunis

3 Pemain Belia Indonesia yang Berkarir di Eropa
Martunis ketika diperkenalkan sebagai pemain Sporting Lisbon

Martunis merupakan bocah yang selamat dari tsunami Aceh pada Desember 2004 lalu. Kabar selamatnya bocah ini sampai ke telinga megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo yang mengangkat Martunis sebagai anak angkatnya.

Hingga akhirnya Martunis resmi berkarir dengan klub ternama Portugal, Sporting Lisbon. Klub ini memang terkenal dalam menelurkan pesepakbola hebat, sebut saja Ronaldo, Luis Figo dan Nani. Dengan berkarirnya bocah asal Aceh ini di Lisbon, bukan tidak mungkin karirnya sebagi pesepakbola akan melesat. Namun hingga saat ini, Martunis belum diberikan waktu bermain di pertandingan kompetitif Sporting Lisbon karena memang kemampuannya yang belum cukup memadai untuk bersaing dengan rekan-rekan lainnya.

Saat ini Martunis tengah kembali ke Indonesia pasca Idul Fitri lalu untuk bertemu dengan sanak saudaranya. Ia pun mengaku sudah tidak sabar untuk ke Portugal dan kembali berlatih dengan Sporting Lisbon.

2. Yussa Nugraha

3 Pemain Belia Indonesia yang Berkarir di Eropa
Yussa Nugraha ketika membela Feeynoord

Yussa yang kini berusia 14 tahun, merupakan anak dari pasangan Edi Nugroho dan Inra warga Jalan Jenggala Nusukan Solo yang menetap di Belanda sejak 2003. Bakat sepak bola sudah terlihat sejak kecil. Kedua orang tuanya memasukkan ke sekolah bola di Feeynoord.

Pemain bernama lengkap Yussa Rexsava Putra Nugraha ini membuat prestasi cukup mencengangkan dengan mencetak 18 gol dan 13 assist dari 33 pertandingan di kompetisi. Dengan torehan gol tersebut ia menjadi top skorer di SC Feyenoord U-15 musim 2015/16.

[Baca juga: Torres Bongkar Alasan Kenapa Liverpool Tak Berkembang]

[Baca juga: Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17]

Selesainya kompetisi usia muda di Belanda yang kompetisi Liga Belanda U-15 musim 2015/16 dimanfaatkan Yussa untuk pulang ke kampung halaman, Kota Solo. Bersama kedua orang tuanya, pemain berposisi winger kanan dan kiri serta striker itu berkeliling Kota Solo serta menyaksikan pertandingan Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016.

Yussa dilaporkan akan kembali ke Feyenoord akhir Agustus mendatang. Meski demikian, ia tidak akan kembali ke Belanda bersama orang tuanya karena sudah tidak lagi bekerja di Negeri Kincir Angin itu.

3. Tristan Alif Naufal

3 Pemain Belia Indonesia yang Berkarir di Eropa
Tristan Alif Nuafal sering disebut sebagai Lionel Messi-nya Indonesia

Anak dengan bakat bermain sepak bola yang luar biasa ini bernama Tristan Alif Naufal. Ia pun dijuluki Lionel Messi-nya Indonesia. Bahkan tahun lalu, dirinya ditawar oleh klub raksasa asal Belanda, Ajax Amsterdam.

Ia kini akhirnya punya kesempatan untuk gabung klub Spanyol, Getafe, berkat kemahirannya mengolah si kulit bundar. Tapi karena regulasi FIFA, yang tak mengizinkan anak seusia Tristan untuk gabung dengan klub tanpa keberadaan orang tua mendampingi anak tersebut, Tristan akhirnya harus berjuang untuk mencari dana sebesar 175,200 euro atau 2 miliar rupiah untuk mengurus izin tinggal orang tuanya di Spanyol.

Well, kita tunggu saja bocah 12 tahun ini menapaki karirnya di benua biru Eropa.

Rebutbola.com