Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17

Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17

313
2
SHARE
Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17

Mampukah Liverpool Jadi Kampiun Liga Premier Musim Ini?

Rebutbola – Liverpool memang minim dalam melakukan aktivitas di bursa transfer musim panas ini. Pembelian menarik mereka satu-satunya hanyalah Sadio Mane yang didatangkan dari Southampton. Dengan sebagian skuat yang sama di musim lalu, mampukah Jurgen Klopp membawa The Reds duduk di papan atas klasemen akhir Liga Premier atau bahkan menjuarainya?

“Jika kita hanya mengandalkan beberapa pemain pemain, jelas tidak ada kesempatan dan tidak ada gunanya. Carilah pemain yang Anda butuhkan dan keluarkan kemampuan terbaik mereka,” – Jurgen Klopp.

Klopp memang bukan tipe manajer atau pelatih yang suka menghambur-hamburkan uang untuk mendapatkan pemain-pemain besar. Kita lihat saja ketika ia masih memegang jabatan sebagai pelatih kepala Borussia Dortmund. Pelatih berusia 49 tahun ini hanya merekrut sejumlah pemain yang dapat melengkapi kekuatan skuatnya, bahkan ia mengorbitkan pemain tersebut menjadi pemain bintang. Sebut saja Mats Hummels dari akademi Bayern Munchen, dan Pierre-Emerick Aubameyang yang tampil ganas dan menjadi sorotan musim lalu.

Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17
Klopp terlihat begitu bersemangat di sesi latihan Liverpool

Dengan tidak adanya pemain besar sekaliber Zlatan Ibrahimovic ataupun Paul Pogba yang didatangkan Liverpool, bukan berarti Klopp tidak memperkuat skuatnya. Kekompakan dan membangun sebuah tim yang solid dengan pemain yang sama merupakan salah satu ciri khas manajer asal Jerman tersebut.

“Mereka hanya berpikir tentang United atau City yang telah merekrut beberapa nama besar dan kami hanya merekrut pemain tak dikenal. Tapi bagi kami ini semua tentang menciptakan dan membangun sebuah tim yang solid untuk tahun-tahun mendatang,” – Jurgen Klopp.

Kita lihat saja penampilan Liverpool di partai pembuka ketika menghadapi Arsenal. Mereka mampu mengalahkan The Gunners bahkan sempat unggul telak 4-1, sebelum akhirnya kelengahan sektor pertahanan The Reds dan semangat juang skuad Arsene Wenger membuat skor berakhir tipis 4-3.

Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17
Klopp ketika selebrasi gol bersama pemain Liverpool

Inilah salah satu bukti bahwa Klopp memang tak butuh pemain mahal sebagai ‘pelengkap’, tak butuh pemain dengan banderol 100 juta poundsterling untuk diliput media, tak butuh pemain besar yang menjadi sorotan di Anfield. Salah satu kunci dari kesuksan sebuah tim sepakbola adalah kekompakan. Dan yang mantan manajer Dortmund ini butuhkan adalah pemain yang memang ia percaya dapat mengisi ruang kosong di tiap posisinya agar skuat yang ia bina menjadi tim yang lebih solid.

[Baca juga: 10 Jersey Terbaik Musim 2016/17]

[Baca juga: Prediksi Bayangan 12 Pemain Timnas untuk Piala AFF 2016]

Lagipula, Liverpool hadir bukan tanpa pemain bintang. Sebut saja Philippe Coutinho yang musim lalu tampil gemilang dengan memboyong 10 gol dan 7 assist di berbagi kompetisi. Bahkan ia berhasil mencetak gol cantik lewat tendangan bebas di partai pembuka melawan Arsenal pekan lalu. Kemudian ada James Milner yang membuktikan bahwa meskipun sudah berkepala tiga, namun pengalaman  dapat membawa hasil positif bagi skuatnya. Milner mencatatkan 14 assist dan 7 gol musim lalu.

Analisis Peluang Juara Liverpool di Liga Premier 2016/17
Proses gol tendangan bebas Coutinho ke gawang Arsenal di laga pembuka Liga Premier 2016/17

Dengan kekuatan tim-tim raksasa lainnya yang telah merekrut pemain-pemain besar seperti Manchester United dengan Pogba, Ibrahimovic dan Mkhitaryan; Manchester City dengan bek berbakat John Stones dan Ilkay Gondugan, atau Chelsea-nya Antonio Conte yang membajak gelandang rajin N’Golo Kante; memang tidak mudah rasanya bagi The Reds untuk finish di papan atas atau menjuarai Liga Utama Inggris.

Liga Inggris musim ini pun diprediksi akan kembali didominasi oleh tim-tim raksasa setelah musim lalu dongeng Leicester City berakhir manis. Sejumlah tim underdog seperti Leicester, atau bahkan Tottenham nampaknya harus rela duduk di bawah sejumlah tim raksasa. Namun, dengan kesolidan dan semangat juang skuat Klopp bukan tidak mungkin bagi Liverpool untuk mendobrak dominasi sejumlah tim yang telah merekrut pemain-pemain mahal.

Lagi pula ini sepakbola. Tidak ada yang tidak mungkin di dalam sepakbola, bukan?

Rebutbola.com

2 COMMENTS

  1. Hadeuh…..ni admin rebutbola pendukung tim Bango y…baru pertandingan pertama menang udah sok analisa segala, lebayyyyyyyyy