11 Pesepakbola Darah Indonesia yang Sukses Berkarier di Eropa

11 Pesepakbola Darah Indonesia yang Sukses Berkarier di Eropa

1233
0
SHARE
11 Pemain Terbaik Keturunan Indonesia
11 Pemain Terbaik Keturunan Indonesia

Kebanyakan Pemain Keturunan  Berasal dari Belanda

Rebutbola Indonesia bukanlah negara yang diperhitungkan dalam perihal sepakbola di dunia, tetapi banyak sekali pemain kelas dunia dari mulai posisi kiper sampai striker dan bahkan calon wonderkids pun ada yang mempunyai keturunan darah Indonesia.

Berikut akan kami tampilkan formasi 11 pemain terbaik keturunan Indonesia :

Emilo Audero Mulyadi (Kiper)

Emilio Mulyadi
Emilio Mulyadi

Emilio adalah salah satu kiper masa depan timnas Italia, bahkan pemain keturunan yang lahir 19 tahun di Mataram, Lombok ini. Adalah kiper ketiga dari klub juara bertahan Liga Italia Juventus.

Jairo Riedewald (Bek Kanan)

Jairo Riedewald
Jairo Riedewald

Bek muda ini merupakan bek kanan andalan Ajax Amsterdam pada musim lalu saat masih diasuh oleh Frank de Boer. Jairo mengaku mempunyai darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari suku Jawa

Mark van der Maarel (Bek Tengah)

Mark van der Maarel
Mark van der Maarel

Pemain yang mempunyai darah Semarang ini dari ibunya saat ini memperkuat FC Utrecht di Liga Belanda . Pemain yang lahir pada 12 Agustus ini pernah dipanggil masuk timnas Indonesia tapi pada saat itu jadwal di kompetisi negeri kincir angin itu sedang padat.

John Hetinga (Bek Tengah)

John Hetinga
John Hetinga

Pemain lain yang mengakui dirinya punya hubungan darah dengan Indonesia adalah John Heitinga. Bek yang pernah membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010 ini pernah berujar, “Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta.” Hubungan bek Belanda ber-caps 85 ini dengan Indonesia ternyata berawal dari kakeknya, Gijsbert Johannes Heitinga, yang berasal dari Belitung.

Giovanni van Bronckhorst  (Bek Kiri)

Giovanni van Bronckhorst
Giovanni van Bronckhorst

Mantan kapten timnas Belanda yang kini telah gantung sepatu. Gio, panggilan Van Bronckhorst, merupakan salah satu pemain Belanda yang mengaku terbuka memiliki keturunan Indonesia, tepatnya di Maluku

Eks pemain Feyenoord dan Barcelona ini lahir di Rotterdam 38 tahun yang lalu dari pasangan orang tua Victor van Bronckhorst, yang blasteran Indonesia-Belanda, dan Fransien Sapulette, yang asli Saparua, Maluku. Mantan bek kiri yang fasih berposisi di gelandang bertahan ini masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur.

Selama membela timnas sejak 1996, ia sudah memiliki caps 106 plus enam gol. Ia pensiun usai mengapteni Oranje di Piala Dunia 2010 di mana ia mencetak gol indah di babak semi-final melawan Uruguay.

Nigel De Jong (Gelandang)

Nigel de Jong
Nigel de Jong

Nigel de Jong termasuk salah satu pemain Belanda yang memiliki keturunan Indonesia Gelandang bertahan yang terkenal keras ini memiliki garis keturunan dari ibunya yang berasal dari Ambon, Maluku. Sementara ayahnya merupakan orang Suriname. Meski demikian, De Jong mengaku tidak mengetahui sedikitpun mengenai bahasa daerah ibunya.

De Jong sendiri lahir di Amsterdam pada 10 September 1984 dan pernah membela tim elite Eropa Ajax, Hamburg, Manchester City dan AC Milan hingga saat ini. Ia mampu membawa timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010 di Afsel di mana salah satu momen terkenalnya adalah ketika mengangkat kaki tepat ke dada gelandang Spanyol Xabi Alonso.

Radja Nainggolan (Gelandang)

Chelsea Resmi Dapatkan Pemain Berdarah Batak
Radja Nainggolan

Tentu saja kita tidak boleh mengeyampingkan pemain yang saat ini menjadi andalan di lini tengan AS Roma ini. Bukan hanya di Gialorssi saja sang pemain yang mempunyai keturunan suku Batak dari sang ayah, juga memgang peran krusial di timnas Belgia.

Joey Suk (Gelandang)

Joey Suk
Joey Suk

Pemain Go Ahead Eagles ini mempunyai reputasi bagus di timnya dan sempat beberapa kali menjadi pemain terbaik akhir pekan dibeberapa gameweek Liga Belanda. Sang pemain yang mempunyai darah Indonesia dari ibunya ini, sempat memperkuat timnas Indonesia U-23 diajang Sea Games 2012 namun karena tidak mendapat izin dari klub membuat hal itu tidak dapat terealisasi.

Stefano Lilipaly (Gelandang Serang)

Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly menjadi salah satu pemain asal Indonesia yang paling bersinar di mancanegara dengan mencatatkan permainan mengesankan di Belanda sepanjang musim ini. Bermain dikasta kedua Liga Belanda Lilipaly saat ini dipercaya menjadi kapten di klub nya.

Roy Makay (Striker)

Roy Makay
Roy Makay

Rudolphus ‘Roy’ Makaay menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia yang sanggup menjadi pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions. Makaay mencatatkan hal tersebut di detik ke-10 saat Bayern Munich membobol gawang Real Madrid pada tahun 2007.

Ibu Makaay adalah orang asli Maluku. Pemain yang pensiun pada tahun 2010 ini memang memiliki rekor ciamik di klub, 526 penampilan dengan torehan 256 gol, bersama tim seperti Bayern, Deportivo La Coruna, hingga Feyenoord. Namun, torehan tersebut sedikit berbeda di level timnas di mana ia ‘hanya’ sanggup mencetak enam gol dari 43 caps.

Robin van Persie (Striker)

Robin Van Persie
Robin Van Persie

Siapa sangka pencetak gol kedua terbanyak timnas Belanda ini mempunyai keturunan Indonesia, yang turun dari sang nenek yang mempunyai darah Jawa.

Selain itu mantan bomber ManUnited ini juga memiliki darah Suriname dan Antilles, sebuah wilayah Kepulauan Karibia yang merupakan bekas jajahan Belanda. Hingga saat ini, ia sudah mengoleksi 34 gol dari 74 penampilannya bersama timnas. Terpaut enam gol dari pencetak gol terbanyak Oranje Patrick Kluivert.

Rebutbola.com