Sepakbola Brasil, Catat Sejarah Baru di Olimpiade

Sepakbola Brasil, Catat Sejarah Baru di Olimpiade

91
0
SHARE
Emas Cabang Sepakbola Bayar Keraguan Publik Brasil
Emas Cabang Sepakbola Bayar Keraguan Publik Brasil

Seharusnya Brasil Sudah Raih Emas di Olimpiade, Jika Pelle Tidak Dilarang Tampil Saat Itu

Rebutbola Brasil berhasil meraih medali emas cabang sepakbola putra Olimpiade 2016. Neymar dkk mampu menyingkirkan timnas Jerman dalam laga yang berlangsung hingga drama adu penalti ini. Medali emas ini merupakan medali emas pertama bagi negara yang sudah menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali.

Dalam keikut sertaanya dalam ajang Olimpiade, prestasi terbaik adalah meraih medali perak pada gelaran tahun 1984, 1988, dan 2012. Sebenarnya pada tahun tersebut, Pelle sedang menggila. Tim Samba bisa saja menjadi juara kala itu. Akan tetapi panitia Olimpiade saat itu melarang Pelle untuk tampil, karena batasan umurnya yang melampaui 23 tahun.

Seperti kita ketahui, sang legenda hidup belum pernah sekali pun mencicipi laga di kompetisi ini, dan hal itu pun dibenarkan oleh pelle dengan mengatakan:

“Saya sudah di timnas sejak usia 16 tahun. Saya pun terpilih untuk bermain di Piala Dunia 1958 Swedia dan Brasil menjadi juara. Saat itu, pemain profesional tak diizinkan beraksi di Olimpiade. Satu-satunya gelar yang tak dimiliki Brasil adalah Olimpiade. Dan, satu-satunya turnamen yang tak pernah saya mainkan adalah Olimpiade,” ucap Pelle.

Sebenarnya, Brasil sendiri mengawali langkah di fase grup dengan start yang kurang mulus. Pada partai perdana kontra Afrika Selatan mereka harus meraih hasil imbang, begitu juga dengan laga kontra dengan Irak. Barulah pada laga penentuan kontra Denmark pasukan samba mampu memetik kemenangan empat gol tanpa balas.

Neymar Jr
Neymar Jr

Banyak beberapa faktor yang membuat tim samba bangkit dan akhirnya mampu meraih emas di cabang olahraga ini :

  1. Kematangan Neymar

Seperti kita ketahui pada olimpiade London 2012 lalu, tim Samba hanya mampu meraih medali perak, padahal pada saat itu boleh dibilang skuat Brasil dalam golden generation, namun yang membedakan tim 2012 dan sekarang adalah tim samba mempunyai pemimpin baru, yaitu Neymar. Tiga musim merumput bersama Barcelona membuat jiwa kepemimpinan hadir dalam diri mantan pemain Santos tersebut.

  1. Dukungan Publik Brasil

Setelah pada pagelaran Piala Dunia 2014 lalu Brasil harus porak poranda dipartai semi final oleh Jerman, kini seluruh masyarakat Brasil berharap dan mendukung tim Samba untuk mampu membalaskan dendamnya. Dan kini dendam pun terbalas kan.

Raihan emas olimpiade ini juga adalah gelar paling prestise diraih oleh negara yang mempunyai penduduk ke tiga terpadat di dunia itu, setelah Piala Dunia tahun 2002 silam.

    3. Ambisi Pencipta Sejarah

Motivasi para pemain bertambah untuk meraih emas, dikarenakan skuat olimpiade jika mampu meraih emas pada olahraga sepakbola ini akan dicatat sebagai pelaku sejarah dalam persepakbolaan Brasil. Karena mampu memberikan emas pertama bagi cabang olahraga si kulit bundar ini.

Rebutbola.com