FIFA dan PSSI Akan Segera Bubarkan APPI dan APSI

FIFA dan PSSI Akan Segera Bubarkan APPI dan APSI

45
0
SHARE
FIFA dan PSSI Akan Segera Bubarkan APPI dan APSI
kantor fifa

FIFA Tolak Bentuk Dualisme Dalam Sepakbola Indonesia

Rebutbola Dua asosiasi pemain yang ada saat ini di Indonesia terancam tidak diakui FIFA dan PSSI. Seperti diketahui, saat ini untuk asosiasi pemain terhadap Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pemain Sepakbola Indonesia (APSI) sebelumnya bernama Asosiasi Pemain Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI).

Sebelumnya, saat perwakilan FIFA & AFC datang ke Indonesia pada November 2015 lalu, kedua asosiasi itu sudah diperingatkan untuk bersatu. Bahkan, ketika itu ketua umum PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti sempat membentuk tim independen untuk menyudahi dualisme ini.

Para pengurus APPI
Para pengurus APPI

Tapi perkembangannya, kedua asosiasi itu ternyata berdiri sendiri dan belum menyatu hingga Kongres Luar Biasa PSSI di Ancol, 3 Agustus 2016. Di sela-sela kongres itu pula APPI dan APSI kembali diperingatkan FIFA. Itu karena, FIFA tidak akan memberi toleransi adanya dua asosiasi pemain dalam satu negara anggota mereka.

Hal itu diungkapkan salah satu pendiri APSI Irawadi Hanafi. “Kami diberi tenggat sampai Kongres Pemilihan Exco PSSI pada 17 Oktober 2016 nanti. Kalau masih saja ada APSNI dan APP, maka dua-duanya akan dibubarkan,” ujar Irawadi, saat ditemui di kantor DPP Pepabri, Menteng, Rabu (24/8).

Dengan tidak diakuinya dua asosiasi itu, otomatis membuat hak suara mereka di Kongres PSSI juga akan hilang. “Tapi untuk hak suara di Kongres Pemilihan 17 Oktober 2016 masih aman. Baru setelah itu, kalau masih ada dua asosiasi pemain, maka dua-duanya tidak akan diakui PSSI dan FIFA,” jelas pria yang juga menjabat sebagai salah satu anggota Komite Pemilihan PSSI itu.

Rebutbola.com