Sejarah dan Peluang Arsene Wenger Juarai Liga Inggris Musim ini

Sejarah dan Peluang Arsene Wenger Juarai Liga Inggris Musim ini

62
0
SHARE
Sejarah dan Peluang Arsene Wenger Juarai Liga Inggris Musim ini
Arsene Wenger, manajer Arsenal

Ingin Juara? Jangan Pelit Belanja

Rebutbola Dikenal dengan julukan The Professor, Arsene Wenger lahir pada tanggal 22, Oktober, 1949, di Strasbourg, Prancis, Wenger menjadi pemain sepak bola profesional untuk pertama kalinya pada tahun 1978. Dia turun sebagai pemain bertahan memperkuat klub RC Strasbourg ketika melawan Monaco.

Julukan The Professor bukanlah dari faktor kebetulan, tetapi memang Wenger adalah seorang master dalam bidang ekonomi. Karir akademis Wenger hampir seharum karirnya sebagai manajer sepakbola. Ia menamatkan tingkat strata satu pada fakultas teknik dan mengambil derajat master di bidang ilmu ekonomi dari Universitas Starsbourg. Wenger banyak menguasai bahasa asing. Selain bahasa ibunya, Prancis, Wenger mampu berbicara dengan fasih bahasa Alsatian, Jerman, dan Inggris. Selain itu, ia juga mahir berbahasa Italia, Spanyol, dan Jepang.

Karir pertamanya sebagai pelatih tim senior, adalah saat melatih Nancy, di mana dia bergabung pada tahun 1984. Namun, tidak banyak kemajuan yang dicapai oleh Wenger. Bahkan Nancy pernah terperosok ke Ligue 2. Karirnya mulai menanjak saat ia meramu AS Monaco tiga tahun kemudian. Karirnya sebagai manajer semakin menjulang ketika menangani AS Monaco pada tahun 1987. Dia membawa Monaco menduduki puncak klasement Ligue1 dan memenangkan gelar liga pada tahun 1988.

Wenger melanjutkan kesuksesannya saat melatih klub Jepang, Nagoya Grampus Eight. Dia berhasil mempersembahkan Piala Kaisar, kompetisi nasional di Jepang. Dia juga berhasil mengangkat posisi klub dari peringkat ketiga terbawah liga, ke peringkat dua klasemen.

Kemudian atas rekomendasi Gerard Houllier ke David Dein, pada musim panas 2006, Arsenal setuju menunjuknya sebagai manajer klub yang baru. Penunjukkannya berlangsung pada 28 September 1996, dan Wenger resmi menangani tim sejak 1 Oktober 1996. Wenger menjadi manajer tersukses dalam sejarah Arsenal terutama dalam hal pengumpulan trofi juara. Dia juga menjadi manajer terlama yang menangani Meriam London. Wenger menjadi satu-satunya manajer bukan dari Inggris yang memenangkan gelar ganda di Inggris, dengan melakukannya di tahun 1998 dan 2002.

Berikut Prestasi Arsene Wenger Bersama Arsenal :

Premier League (3): 1997-1998, 2001-2002, 2003-2004.

FA Cup (4): 1997-1998, 2001-2002, 2002-2003, 2004-2005.

 FA Community Shield (4): 1998, 1999, 2002, 2004.

Gelar pertama Liga Inggris Arsene Wenger - photo
Gelar pertama Liga Inggris Arsene Wenger – photo

Berhembus isu bahwa musim Liga Inggris 206/2017, ini adalah musim terakhir bagi pria Prancis tersebut. Bilamana bahwa isu benar adanya apakah Wenger mampu mengikuti jejak sang rival Sir Alex Ferguson yang pada masa purna tugasnya mampu meberikan gelar ke-21 Liga Inggris.

Cukup sulit bagi Wenger untuk merealisasikan hal ini. Pasalnya pihak manajemen sangat pelit untuk mengucurkan dana untuk dirinya belanja di bursa transfer ini, dengan stok pemain yang ada sekarang ini bisa dikatakan tidak lebih dari cukup.

Coba kita lihat sekarang. The Gunners saat ini sedang dilanda krisis pemain belakang dan hasilnya hingga pekan kedua Liga Inggris Arsenal belum pernah meraih kemenangan.

Bila dibandingkan pada masa Ferguson musim 2012/2013. Pada saat itu manajemen ManUnited cukup royal kepada Fergie untuk bergerak dimusim transfer, Robin Van Persie yang notabane adalah pemain Arsenal pun mampu dibajak dengan dana transfer £ 30 juta.

Arsene Wanger masih mempunyai peluang untuk juara pada musim ini, dengan catatan manajemen Arsenal harus lebih royal mengeluarkan uangnya untuk dibelanjakan pemain baru dan harus mendatangkan sejumlah pemain bintang, pada sektor penyerang dan pemain belakang.

Rebutbola.com