Waktunya “Jose Time” United

Waktunya “Jose Time” United

314
0
SHARE
Waktunya
Jose Mourinho - photo

Jose Mourinho Bangkitkan Filosofi Fergie Time Kembali

Rebutbola Manchester United nama klub ini tidaklah asing bagi anda para pecinta sepakbola. Saat ini klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut sedang mengalami tren positif dibawah asuhan manajer anyar mereka Jose Mouroinho.

Kemenangan tiga kali beruntun dipembukaan liga adalah progres meyakinkan dari manajer asal Portugal tersebut, terakhir  kali tim Setan Merah melakukan hal itu adalah pada musim Liga Inggris 2011/2012 kala tim itu masih dibesut oleh Sir Alex Ferguson.

Baca juga: Hasil Lengkap Pertandingan Semalam dan Update Klasemen

Bila membicarakan Sir Alex Ferguson, pasti bagi anda para pendukung Manchester United ingat dengan slogan Fergie Time. Pada laga tandang United kontra Hull City lalu (27/8), slogan itu rupanya sudah berganti menjadi Jose Time. Slogan baru itu keluar setelah The Red Devils harus mengunci kemenangan hingga waktu tambahan babak kedua, setelah Marcus Rashford menjadi mampu menyodorkan  bola dari Wayne Rooney ke gawang.

Baca juga: Ranieri Nekat Ajak Scheimichel Tampil Paska Operasi

Kisah Fergie Time bermula ketika format Liga Inggris pertama kali dirubah menjadi Liga Premier yakni pada tahun 1992-1993. Ketika itu, United berhadapan dengan Sheffield Wednesday. Kedudukan tetap 1-1 hingga 90 menit berakhir dan wasit memberikan 7 menit tambahan. Dalam rentang waktu tersebut, Steve Bruce mencetak gol yang melapangkan jalan United merebut gelar pertama setelah puasa 26 tahun.

Itulah gelar liga Inggris pertama yang dipersembahkan Sir Alex, sebelum gelar-gelar lainnya menjadi koleksi klub. Sejak saat itu kecurigaan merebak, United akan diberi tambahan waktu lebih banyak ketika sedang tertinggal. Sebenarnya tim-tim besar di Liga Inggris mendapatkan tambahan waktu lebih lama juga dibanding tim-tim kecil.

Graham Poll, mantan wasit yang sering menulis di Daily Mail, menyatakan bahwa secara sadar ataupun tidak selalu ada tekanan untuk membuat tim besar tidak kalah dalam suatu pertandingan. Apalagi bila pertandingan dilaksanakan di kandang tim besar tersebut.

Harumnya Nama Sir Alex, Hilangkan Potensi Pelatih
Sir Alex Ferguson

Statistik di tiga musim terakhir Sir Alex dari musim 2010-11, 2011-2012, dan 2012-2013 menunjukkan bahwa United bermain 79 detik lebih lama ketika sedang kalah dibanding ketika menang. Lebih lama secara rata-rata ketimbang Liverpool maupun Manchester City.

Setelah Fergie pensiun tiga tahun yang lalu. Filosofi Fergie Time pun mulai luntur dari skuat Iblis Merah. Apalagi pada masa David Moyes para pemain yang diasuhnya tidak mampu menampilkan semangat juang hingga akhir pertandingan.

Semangat filosofi itu pun kembali muncul saat sang The Special One datang, terbukti pada laga kontra Hull City saja, para pemain United mampu mengendalikan permainan dengan tingkat high pressing yang tinggi.

Tidak ada perbedaan mencolok dari Fergie Time dan Jose Time, kedua pelatih imi mampu menerapkan filosofi permainan yang tidak kenal batas kepada para pemainnya dengan baik.

Rebutbola.com