3 Stadion Terbaik di Eropa

3 Stadion Terbaik di Eropa

404
0
SHARE
3 Stadion Terbaik di Eropa
3 Stadion Terbaik di Eropa

Tak Hanya Besar, Stadion Berikut Merupakan Stadion Terbaik

Rebutbola – Stadion merupakan unsur paling penting demi melangsungkan suatu pertandingan. Dengan adanya stadion, para fans bisa turut serta meramaikan pertandingan tim kesayangannya secara langsung.

Baca juga: 7 Pemain Top yang Kariernya Meredup Usai Pindah Klub

Seiring berkembangnya zaman, banyak klub membuat stadionnya mereka menjadi tempat dengan fasilitas terbaik. Bahkan, bisa dibilang stadion modern kini mengalahkan fasilitas yang dimiliki oleh hotel-hotel bertaraf internasional.

Baca juga: Daftar Pemain Top yang Siap Hijrah di Akhir Bursa Transfer

Berikut tiga stadion terbaik menurut rebutbola.com

Wembley Stadion (Inggris)

TheStadium_Arial.ashx
Wembley Stadium

Wembley menjadi stadion yang penting di tanah Inggris. Berdiri di Wembley Park, London Borough of brent telah menjadi markas utama skuat internasional Inggris sejak 2007 silam. Stadion ini berkapasitas 90.000 dan merupakan peringkat kedua stadion terbesar di Inggris.

Wembly-Stadium_T1
Wembley Stadium

Stadion ini dirancang oleh Australia Mulitiplex, termasuk ikonik lengkungan baja yang sangat terkenal disisi atap stadion. Busur tersebut memiliki ketinggian hingga 436 meter dengan diameter mencapai 315 meter.

Keberadaan busur tersebut menjadi sangat penting untuk menjaga keseimbangan sliding roof dibagian utara dan selatan stadion. Seluruh konstruksi tersebut menghabiskan dana hingga £798 juta atau sekitar Rp15 triliun.

Namun, pembangunan stadion ini tak berjalan mulus, setelah Old Wembley ditutup pada Desember 2000 pembangunan baru dimulai pada tahun tiga tahun mendatang. pembangunan kembali ditunda setelah sengketa antara WNSL dan Multiplex. Akhirnya, tahap penyelesaian molor hingga tahun 2007, molor satu tahun dari waktu yang telah ditetapkan.

Kini, selain menjadi kandang tim nasional Inggris, Wembley menjadi stadion yang dipakai untuk menjalankan partai final Piala FA.

Allianz Arena (Jerman) 

0c1866e8aad7ee7744397ebdbeb77f32
Allianz Arena

Stadion yang berdiri di distrik Fröttmaning di sebelah utara kota Munchen, Jerman menjadi klub selanjutnya yang berstatus stadion terbaik. Stadion ini mampu menampung hingga 67.812 penonton.

Stadion ini dirancang oleh Firma arsitektur Swiss, Herzog dan de Meuron. Ketiganya memberikan sentuhan artistik di Stadiun ini. Kerak bagia luar menampilkan 1056 panel yang berbentuk belah ketupat, yang masing-masing dari panel dapat mengeluarkan warna yang berganti-ganti (merah, Putih atau biru) sehingga terlihat seperti pola yang bergerak.

stadiony-pilkarskie_25974109
Allianz Arena

Berdasarkan perencanaan, Allianz Arena diperkirakan akan menghabiskan dana mencapai € 286 juta. Namun, setelah berjalan, dana tersebut membengkak hingga € 340 juta.

Komplek olahraga ini didirikan 15 tahun silam dan dioperasikan oleh Allianz Arena München GmbH. Sebenarnya, stadion ini dimiliki oleh dua tim sepakbola asal kota Munchen, TSV 1860 Munchen dan Bayern Munchen. Namun, karena TSV 1860 Munchen mengalami krisis keuangan, maka Bayern Munchen mengambil alih kepemilikan Allianz secara penuh.

Santiago Bernabeu (Spanyol) 

Satellite
Santiago Bernabeu

Pada tanggal 22 Juni 1994, Banco Mercantil e Industrial Bank memberikan pinjaman kepada Santiago Bernabeu dan Rafael Salgado untuk melakukan pembelian tanah yang nantinya akan dibangun stadion.

Manuel Munoz Monasterio dan Luis Alemany Soler memulai proses pembangunan tersebut dan selesai pada tanggal 14 Desember 1947.

bernabeu5
Santiago Bernabeu

Nama Santiago Bernabeu tak langsung diusung menjadi nama stadion tersebut.stadiun tersebut dulunya bernama Nuevo Estadio Chamartin (Stadion baru Chamartin) baru pada tahun 1955 anngota majelis umum Compromisaris memutuskan untuk memakai nama Santiago Bernabeu untuk menghormati presiden klub saat itu.

Santiago Bernabeu yang saat ini kita lihat setidaknya telah melakukan 4 kali renovasi untuk menjadi stadion semegah sekarang. Yang terakhir dilakukan adalah pada tahun 2011 silam, kala itu pihak klub memutuskan untuk melakukan perombakan kecil  dan menjadikan kapasitas penonton menjadi 81.044 penonton.

Rebutbola.com