Arti Penting Suporter dalam Pertandingan Sepakbola

Arti Penting Suporter dalam Pertandingan Sepakbola

64
0
SHARE
Wenger Blak-Blakan Soal Seretnya Prestasai Arsenal
Wenger Blak-Blakan Soal Seretnya Prestasai Arsenal

Suporter Liga Italia Lebih ‘Nakal’ Ketimbang Suporter Liga Inggris

Rebutbola – Sepakbola memang tidak dapat lepas dari suporter yang memberi dukungan kepada tim yang dibelanya. Sebuah klub sepakbola tak berarti apa-apa tanpa suporter yang memberi semangat ketika mereka bertanding. Lantas, mengapa suporter memegang peran penting dalam sebuah pertandingan sepakbola?

Suporter berasal dari kata serapan bahasa Inggris, supporter yang berarti pendukung. Jadi dapat diartikan suporter tim sepakbola adalah para pendukung yang mendukung tim yang dibelanya. Suporter memang identik dengan penonton. Namun penonton tidak dapat dikatakan suporter jika tidak membela salah satu tim yang disaksikannya. Di sisi lain, para penikmat sepakbola lewat layar kaca dapat dikatakan suporter, jika mereka memang mendukung tim yang dibelanya.

Tingkah suporter dalam mendukung tim sepakbola yang dibelanya sangatlah beragam. Coba kita tengok ke belakang perhelatan Euro 2016 yang digelar Juni hingga Juli lalu. Suporter yang mendukung negara yang mereka bela, sungguh memberikan dukungan yang bermacam-macam. Mulai dari mengenakan jersey yang sesuai dengan tim yang dibela, mewarnai wajahnya, hingga aksesoris lainnya untuk menunjukan eksistensi mereka.

Mari kita tengok ke Negeri Pizza, Italia. Suporter Liga Italia terkenal akan sikap anarkisnya di kandang mereka sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari Derby menarik yang biasanya suporter akan membakar red flare atau kembang api di stadion. Meski sudah berulang kali dilarang, tetap saja mereka kembali berulah. Tak jarang, ‘PSSI-nya’ Liga Italia memberikan hukuman tanpa suporter jika para suporter berulah.

Arti Penting Suporter dalam Pertandingan Sepakbola
Red flare, tipikal suporter Liga Italia

Lain halnya di Liga Inggris. Suporter Liga Premier terlihat lebih sopan ketika mereka membela timnya sendiri di tanah Inggris. Mereka akan mendukung tim yang dibelanya hingga akhir pertandingan, meski keadaan tim mereka sedang kalah. Nyanyian dan yel-yel di tengah pertandingan merupakan hal yang tak asing di telinga pesepakbola Liga Inggris.

Yang pasti, kehadiran suporter di lapangan sangat penting bagi sebuah tim. Dimana para pemain seperti mendapatkan energi dan tenaga tambahan untuk bertanding di lapangan. Tentu saja para suporter sejati akan terus mendukung tim kesayangannya, ketika tim itu dalam keadaan unggul, seri, atau bahkan kalah sekalipun.

Jadi bisa dibayangkan kan, apa jadinya sebuah tim sepakbola tanpa suporter? Layaknya sebuah masakan tanpa garam, hambar tak terasa. Meskipun ulah mereka terkadang meresahkan, atau bahkan sering berubah menjadi anarkis, namun kehadiran pemain ke-12 di stadion adalah elemen penting dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Rebutbola.com