10 Ritual Unik Pesepakbola Dunia

10 Ritual Unik Pesepakbola Dunia

713
0
SHARE
10 Ritual Unik Pesepakbola Dunia
Blanc kepala Barthez sebelum bertanding

Lupa Buang Permen Karet, Cruyff Kalah Telak dari Milan

Rebutbola – Ritual unik seperti takhayul terdapat di bidang apa saja. Mulai dari bisnis, ekonomi, hukum dan juga olahraga. Bahkan tak sedikit yang secara khusus memberi perhatian khusus untuk hal ini, termasuk sepakbola.

Sudah tak asing lagi bukan degan kabar bahwa beberapa pemain ataupun pelatih sepakbola memiliki ritual yang wajib dilakukan sebeluma atau sesudah mereka bertanding. Beberapa ritual terdengar aneh bahkan tak masuk akal.

  1. Laurent Blanc

Ritual unik Blanc ini sering dilakukan saat dirinya bersama rekan satu negaranya, Fabien Barthez membela Timnas Prancis. Sebelum pertandingan dimulai, Blanc selalu mencium kepala botak Barthez. Entah maksud Blanc untuk membuat rekannya ini beruntung saat menjaga gawang Timnas Prancis atau alasan apapun, namun kebiasaan unik Blanc ini cukup unik.

  1. Gary Lineker

Gary Lineker dikenal sebagai salah satu penyerang paling subur di Timnas Inggris, dan rupanya ia pun melakukan beberapa ritual sebelum turun ke lapangan hijau. Pemain yang pernah merumput di Barcelona dan Tottenham Hotspur ini tak mau menendang bola ke arah gawang pada waktu pemanasan. Ini ia anggap sebagai salah satu ritual simpan gol.

  1. John Terry

Kapten Chelsea ini ternyata memilki ritual khusus yang terbilang cukup unik. Sebelum pertandingan Terry hanya akan buang air kecil di toilet yang sama. Dan jika ada yang menggunakan toilet yang sudah dia pakai sebelumnya di hari yang sama, dia akan menunggu si pengguna toilet sampai selesai kemudian dia akan masuk ke toilet itu.

  1. Luis Aragones

Spanyol pun memiliki ritual yang unik sebelum bertanding sepak bola. Ini dilakukan oleh sang pelatij tim nasional yang sukses membawa Spanyol sebagai juara Piala Eropa 2008. Pelatih berusia 75 tahun ini percaya bahwa warna kuning akan membawa sial.

[Baca juga: Skuat Juventus Untuk Liga Champions Musim Ini]

[Baca juga: Daftar Lengkap Transfer Musim Panas 2016/17 Liga Premier]

Ia bahkan pernah menolak baju tandang warna kuning milik Atletico Madrid kala ia yang duduk sebagai pelatih klub. Selain itu, Aragones pun dikisahkan pernah mengusir Raul Gonzalez dalam sesi latihan timnas Spanyol karena mengenakan baju warna kuning.

  1. Jermain Defoe

Pemain papan atas Timnas Inggris ini rupanya juga percaya tahayul. Buktinya saja, pemain dengan posisi striker ini percaya bahwa ia harus memangkas rambut sebelum mulai bertanding. Bila tidak, ia akan cedera.

10 Ritual Unik Pesepakbola Dunia
Defoe percaya memangkas rambutnya sebelum bertanding membawa keberuntungan

Ketika ditanya mengenai ritual potong rambutnya, mantan pemain ujung tombak Tottenham Hotspur ini malu-malu menjawab: “Saya harus memangkas rambut menjadi pendek sebelum pertandingan. Saya harus melakukannya, karena sepertinya saya selalu mengalami cedera jika memiliki rambut yang sedikit panjang.”

  1. Sergio Ramos

Ramos meraih gelar juara Liga Champions bersama Real Madrid setelah menaklukkan Atletico Madrid di Stadion San Siro pada Mei lalu. Yang unik adalah, bek Los Blancos itu “mencolong” jaring gawang di stadion kebanggaan AC Milan itu usai dinobatkan sebagai juara. Alasannya simpel. Bek bernomor punggung 4 itu menjadikan jaring gawang di Stadion San Siro sebagai kenang-kenangan.

10 Ritual Unik Pesepakbola Dunia
Ramos memotong jaring gawang San Siro ketika menjuarai Liga Champions 2015/16 bersama Real Madrid

Sebenarnya memotong jaring gawang ketika menjuarai Liga Champions sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh rival Ramos di Barcelona, Gerard Pique ketika menjadi kampiun bersama Barcelona pada 2015 lalu.

  1. Bobby Moore

Kapten tim nasional Inggris di eran 60-an hingga 70-an itu memiliki kebiasaan unik mengenakan celana bolanya hanya setelah orang lain di kamar ganti telah selesai mengenakan pakaian mereka.

  1. Gary Neville

Bek Manchester United itu punya banyak ritual, mulai dari menggunakan ikat pingang yang sama, sepatu yang sama, arftershave juga selama satu musim penuh. Saat ini, Gary neville berusaha mengurangi ritualnya itu.

  1. Mario Gomez

Mario Gomez (Jerman, Vfb Stuttgart) selalu memilih toilet yang posisinya paling kiri. Sementara John Terry (Chelsea) selalu memakai toilet yang sama. Bila toilet itu sedang dipakai, Terry akan menunggu meski toilet lain sedang kosong.

  1. Johan Cruyf

Semasa masih bermain, Johan Cruyff selalu mejalankan ritualnya sebelum pertandingan: membuang permen karet yang dikunyahnya ke sisi lapangan lawan. Di final Piala Champions 1969, Cruyff dikabarkan lupa menjalankan ritual ini sehingga Ajax kalah dihajar AC Milan 4-1.

Rebutbola.com