3 Pertandingan Terpanas Indonesia vs Malaysia

3 Pertandingan Terpanas Indonesia vs Malaysia

196
0
SHARE
3 Pertandingan Terpanas Indonesia vs Malaysia
3 Pertandingan Terpanas Indonesia vs Malaysia

Rivalitas Sengit Negara Serumpun

Rebutbola – Memulai laga internasionalnya setelah resmi bebas dari pembekuan FIFA, timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan timnas Malaysia dalam ajang laga persahabatan Selasa, 6 September 2016. Pertandingan tersebut akan digelar di stadion Manahan Solo.

Baca juga: Nasib 6 Pelatih yang Terbuang di TSC

Jelang laga tersebut, berikut kami sajikan duel terpanas Indonesia vs Malaysia yang pernah terjadi.

Kurnia Meiga, saat Indonesia kalah penalti Sea Games 2011
Kurnia Meiga, saat Indonesia kalah penalti Sea Games 2011

Indonesia 4-2 Malaysia – Piala Merdeka

Rivalitas kedua kesebelasan sudah terjadi sejak tahun 1957 silam. Kala itu kedua kesebelasan untuk pertama kali bertemu di atas lapangan hijau. Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang setelah terlebih dulu tertinggal 2-1 di babak pertama. Memasuki babak kedua Indonesia tampil diatas angin, dan sukses mencetak 3 gol tambahan. Skor 4-2 berakhir untuk kemenangan perdana Indonesia.

Indonesia 6-0 Malaysia – Sea Games 1999

Ini merupakan defisit gol terbanyak yang bisa Indonesia buat melawan Malaysia. Bermain di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam Indonesia yang kala itu masih berstatus macan ASIA, mengamuk dengan enam gol mereka.

Gol untuk Indonesia dicetak oleh Bambang Pamungkas yang sukses mencetak 2 gol, Rochi Putiray 2 gol, Hariyanto Prasetyo, dan Ali Sunan yang masing masing mencetak satu gol.

Indonesia 1-1 Malaysia (4-3) – Final Sea Games 2011

Jika bicara soal terpanas, tak ada yang lebih panas selain duel Indonesia vs Malaysia di partai final Sea Games 2011. Timnas merah-putih tampil apik difase grup setelah mengalahkan Kamboja 6-0, Singapura 2-0, bahkan Thailand mampu mereka cukur dengan skor 3-1.

Di partai pamungkas, Indonesia bertemu dengan Malaysia. Indonesia mampu unggul lebih dulu pada menit ke-5. Gunawan Dwi Cahyo menjadi aktor dalam gol tersebut. Pertandingan berjalan keras, tercatat 8 kartu kuning dikeluarkan dalam pertandingan tersebut. Akhirnya Malaysia dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-35 melalui Mohd Asraruddin Putra Omar.

Hasil 1-1 bertahan hingga 120 menit. Drama adu penalti harus dilaksanakan. Gunawan Dwi Cahyo yang merupakan pencetak gol bagi Indonesia gagal menjalankan tugasnya. Namun, Kurnia Meiga sukses memblok tendangan Ahmad Fakri Saarani. Sebagai penentu, Indonesia telah menyiapkan Ferdinan Alfred Sinaga. Tekanan begitu terlihat diraut wajahnya sebelum akhirnya dia gagal mengeksekusi penalty tersebut.

Rebutbola.com