Roller Coaster Perjalanan Karir Sepakbola Joe Hart

Roller Coaster Perjalanan Karir Sepakbola Joe Hart

140
0
SHARE
Roller Coaster Perjalanan Karir Sepakbola Joe Hart

Joe Hart, “Legenda” City yang Terbuang

Rebutbola – Usai kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City, Joe Hart yang diperi akan tetap mengisi posisi penjaga gawang mesti rela posisinya diambil alih oleh Willy Caballero. Jika tetap bertahan di Etihad, penjaga gawang internasional Inggris itu pastinya akan menjadi kiper nomor tiga setelah kedatangn Claudio Bravo dari Barcelona.

Laporan dari beberapa media menyebutkan kalau Guardiola merasa Hart tidak begitu cocok dengan gaya bermain yang akan ia terapkan di City. Hingga pada akhirnya kiper utama yang telah tampil bersama City selama bertahun-tahun itu memilih hengkang dengan hijrah ke Italia untuk menyelamatkan karirnya.

Torino memang bukan klub besar, namun setidaknya Hart dapat tampil reguler di sana. Lagipula syarat masuk timnas Inggris adalah bermain reguler untuk klub yang dibela. Namun, kepergian kiper 29 tahun itu dari Etihad bukan secara permanen, alias ia pergi sebagai pemain pinjaman.

Roller Coaster Perjalanan Karir Sepakbola Joe Hart
Hart resmi dipinjamkan ke Torino selama satu musim

Bagaimana karir Joe Hart hingga akhirnya “dibuang” oleh Guardiola dari Manchester City?

Hart muda bermain untuk tim junior kasta ketiga Liga Inggris, League Two yaitu Shrewsbury Town. Di klub kecil sekaligus kota kelahirnnya itu, ia berkembang dan langsung masuk tim senior pada tahun 2003. Tiga tahun ia membela tim tersebut hingga akhirnya City meminangnya pada tahun 2006.

Kiper dengan tinggi 196 cm ini  tercatat sudah dipinjamkan selama tiga kali ke kesebelasan-kesebelasan Inggris lainnya sejak tahun 2007, sebelum musim ini kembali menjalani masa peminjaman. Masa peminjaman ke Birmingham City musim 2009/10 menjadi batu loncatan yang mengantarkan Hart menghuni pos utama penjaga gawang Manchester City dari 2010 hingga 2016.

Roller Coaster Perjalanan Karir Sepakbola Joe Hart
Karir Hart di Birmingham jadi batu loncatan untuk tampil reguler bersama City

Awal karier Hart bersama The Citizens dapat dikatakan berjalan begitu mulus. Di awal kariernya bersama Manchester City, kiper timnas Inggris ini berhasil meraih gelar Sarung Tangan Emas pada musim perdananya (musim 2010/11) dengan catatan 18 clean sheets. Pada musim selanjutnya, Hart kembali meraih gelar yang sama.

Dalam enam tahun terakhir, posisi Joe Hart sebagai kiper utama nyaris tak tergantikan. Kualitas pelapis – pelapisnya dapat dikatakan masih jauh berada di bawah Hart. Hanya nama Willy Caballero yang berpotensi mampu menggeser Hart, dan hal itu baru terjadi awal musim ini.

[Baca juga: Persiapan Timnas Jelang Hadapi Malaysia]

[Baca juga: TSC 2016: Hasil Pertandingan dan Klasemen Sementara]

Sebenarnya, Joe Hart adalah tipe pemain yang setia. Pada 2014 lalu, ia memperpanjang kontraknya bersama City hingga 2019 mendatang. Namun, kehadiran Guardiola ternyata membuat dirinya harus tersingkir dari tim dengan menjalani masa peminjaman sepanjang musim ini.

Masa peminjaman yang akan dilalui Hart di Italia menambah warna baru bagi karir sepakbola yang dijalaninya. Entah akan kembali ke pelukan City atau tidak, Joe Hart akan selalu dikenang sebagai seorang “legenda” bagi penggemar Manchester Biru.

Rebutbola.com