Nomor Punggung Keramat Pesepakbola, Terpopuler Hingga Dipensiunkan

Nomor Punggung Keramat Pesepakbola, Terpopuler Hingga Dipensiunkan

2056
0
SHARE
Nomor Punggung Keramat Pesepakbola, Terpopuler Hingga Dipensiunkan

Beberapa Tim Tak Gunakan Nomor 12 untuk Hormati Suporter

Rebutbola – Lionel Messi akrab dengan nomor punggung 10, sedangkan Cristiano Ronaldo seringkali disebut sebagai CR7 yang melambangkan nomor punggung yang dipakainya yaitu 7. Nomor punggung pemain sepak bola tidak hanya sekadar ‘tempelan’ saja dipunggung mereka, melanikan ada makna penting yang tersirat di dalamnya.

Beberapa nomor punggung bahkan sudah tidak dipakai lagi oleh sebuah tim untuk menghargai pemain legenda yang dianggap telah memberikan kontribusi tak terhingga terhadap tim yang dibelanya. Adapula nomor yang khusus disematkan di posisi tertentu dalam permaninan sepakbola.

Nomor Populer

Nomor 1

Nomor 1 identik dengan penjaga gawang utama. Hal itu dapat terlihat jelas dari nomor punggung beberapa kiper hebat diantaranya Gianlugi Buffon yang mengenakan nomor 1 di Juventus dan timnas Italia, serta Manuel Neuer yang mengenakan nomor ini di Bayern Munchen dan timnas Jerman.

Selain itu di pertandingan internasional, biasanya kerap diterapkan regulasi yang mengharuskan penjaga gawang utama mengenakan nomor 1.

Nomor 7

Nomor Punggung Keramat Pesepakbola, Terpopuler Hingga Dipensiunkan
Crisitano Ronaldo identik dengan nomor 7 hingga biasa disebut CR7

Nomor 7 biasanya dipakai oleh pemain yang berposisi melebar atau sayap. Beberapa pemain terkenal diantaranya adalah seperti Luis Figo, Marc Overmars dan Cristiano Ronaldo. Namun nomor ini juga biasa dipakai oleh penyerang dengan tipikal pelari seperti Pato, David Villa, Bebeto dan Andriy Shevchenko.

Nomor 9

Nomor 9 identik dengan striker murni, tipikal pemain yang mampu melakukan finishing yang brilian dan mematikan. Gabriel Batistuta, Marco Van Basten, Samuel Eto’o, Alan Shearer dan Ronaldo de Lima adalah beberapa pemain hebat yang mengenakan nomor ini.

Nomor 10

Nomor punggung 10 merupakan nomor paling keramat diantara nomor-nomor lainnya. Biasanya diperuntukkan untuk playmaker atau pemain yang paling terampil di dalam sebuah tim sepakbola.

[Baca juga: Fakta Unik Pasca Laga: Indonesia vs Malaysia (Friendly Match)]

[Baca juga: Menakar Kiprah Chelsea di Musim 2016-2017]

Pemain paling ikonik dalam sejarah seperti Diego Maradona, Zinedine Zidane, Pele, Michel Platini, Ferenc Puskás, Alessandro Del Piero, dan Lionel Messi saat ini mengenakan nomor 10 yang legendaris itu.

Nomor Museum

Nomor punggung yang dikenakan pesepakbola dapat dimuseumkan atau tidak dipakai lagi demi menghormati prestasi luar biasa seorang pemain ketika membela sebuah tim.

Nomor 3, Milan: Paolo Maldini, pemain AC Milan paling besar dan paling banyak mendapatkan trofi. Total 5 Liga Champions ditorehkannya bersama Si Merah-Hitam.

Nomor 6, Milan: Franco Baresi, salah satu bek terbaik sepanjang masa dalam sejarah sepak bola.

Nomor 10, Napoli: Diego Maradona, membuat Napoli yang saat itu miskin bangkit menjadi tim terbaik Italia. Ia berhasil menjuarai beberapa gelar bersama Napoli.

Nomor 14, Ajax: Johan Cruijff, diakui sebagai pemain Belanda terbaik sepanjang masa.

Nomor 12

Suporter dalam sebuah pertandingan diibaratkan sebagai pemain ke-12. Dukungan mereka seperti energi tambahan 11 pemain yang turun membela suatu tim. Beberapa klub yang menganggap dukungan fans begitu penting, sampai membuat keputusan untuk tak memakai nomor 12 kepada pemain mana pun.

Bayern Munchen, Feyenoord, Dynamo Kiev, Lazio dan Fenerbahce adalah beberapa tim yang memuseumkan nomor tersebut untuk membayar loyalitas suporter yang salama ini mendukung mereka.

Rebutbola.com