Sejarah Derbi Manchester

Sejarah Derbi Manchester

46
0
SHARE
Sejarah Derbi Manchester
Duel Mou vs Pep

Sejarah Derbi Manchester Pertama Kali Terjadi Pada Tahun 1881

Rebutbola – Derbi Manchester menjadi salah satu derbi terpanas yang menyedot perhatian sebagian para pecinta sepakbola.

Pada musim 2016-2017, ini akan menjadi pertemuan mereka yang ke-172 sepanjang sejarah kedua klub, dimana Manchester United diuntungkan dengan meraih 71 kemenangan sedangkan Manchester City hanya meraih 49 kemenangan dan 51 lainnya berakhir imbang.

Namun tahukah kalian jika sejarah derbi Manchester sudah jauh terjadi sejak lebih dari satu abad yang lalu? Yap, kisah ini bermula ketika  12 November 1881, ketika itu City masih bernama West Gorton (St. Marks) dan tuan rumah United yang masih bernama Newton Heath.

Baca juga : [Tiga Wonderkid Manchester United di Musim Ini]

Baca juga : [Menanti Era Baru Duet Striker Timnas Indonesia]

Pemain kunci Derbi Manchester
Pemain kunci Derbi Manchester

Dipertemuan pertama United berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0. Lebih dari satu dekade kemudian atau lebih tepatnya pada musim 1894-1895, West Gorton yang telah berubah nama menjadi Manchester City kembali bertemu dengan rivalnya namun kali ini dalam format kompetisi  bertajuk Football League bentukan FA dimana Newton berhasil kalahkan City dengan skor 5-2.

Pada tahun 1908 meski kedua klub adalah rival berat, namun keduanya pernah saling membantu ketika empat pemain City yang hijrah ke MU dan membantu klub setan merah menjuarai gelar pertama mereka, yang menarik perpindahan empat pemain ini disambut baik oleh kedua klub, dimana ini menjadi hal yang sangat bertolak belakang untuk terjadi di jaman sekarang.

Dalam sejarah keduanya, tercatat City berhasil kalahkan United dengan skor paling besar adalah 6-1 dimana hal itu terjadi di tahun 1926 dan 2011, sementara itu MU pernah berhasil kalahkan City dengan skor 7-1 pada 1941.

Rebutbola.com