On This Day (14 September): Perang Dunia Kedua Ubah Liga Inggris Jadi...

On This Day (14 September): Perang Dunia Kedua Ubah Liga Inggris Jadi Liga Tarkam

99
0
SHARE
On This Day: Perang Dunia Kedua Ubah Liga Inggris Jadi Liga Tarkam
On This Day: Perang Dunia Kedua Ubah Liga Inggris Jadi Liga Tarkam

Banyak Infrastruktur yang Hancur Akibat Perang Dunia Kedua

Rebutbola 14 September 1939, otoritas pemerintahan Inggris Raya memberanikan diri untuk mendeklarasikan kompetisi Liga Inggris dalam masa Perang Dunia kedua dimulai. Pada saat itu sudah  banyak tim Inggris yang bersedia ikut serta dalam kompetisi tersebut dan persiapan mereka pun sudah dibilang sudah matang pada massa itu.

Namun setelah pembukaan Liga Inggris  ditahun yang sama pemerintah Inggris menyerukan perang terhadap aksi invasi Jerman. Padalah musim kompetisi 1939 – 1940 sudah dimulai di Inggris dan Skotlandia, dan mengakibatkan kompetisi itu pun harus dibatalkan. Pembatalan ini dikarenakan negri Ratu Ellisabeth ini sangat membutuhkan sumber daya manusia, terutama lelaki-lelaki untuk turut serta dalam upaya membela negara.

Akan tetapi pembatalan itu tidak berlangsung lama dan kembali menjalankan roda kompetisi. Pemerintah pun menaruh syarat untuk bisa menggelar kompetisi. Seperti pada setiap 50 mil daerah, hanya boleh diwakili oleh satu tim sepakbola. Kompetisi di Inggris dibagi menjadi 10 liga daerah pada musim 1939-1940 dengan masing-masing liga terdiri dari 8 sampai 10 tim.

Sementara di Skotlandia, kompetisi dibagi menjadi 2 liga wilayah barat dan wilayah timur. Liga berjalan sesuai rencana selama perang Inggris melawan Jerman saat itu.

Old Trafford setelah di bom oleh Jerman
Old Trafford setelah di bom oleh Jerman

Kompetisi pun serasa membosankan dan bisa dikategorikan kompetisi ini adalah kompetisi tarkam, karena laga dihelat bukan dihelat di stadion – stadion melainkan di tanah lapang kosong. Hal ini dikarenakan banyak stadion ternama mendapat penyerangan bom dari pihak Jerman, salah satunya adalah stadion Old Trafford markas dari tim Manchester United.

Selain itu banyak pemain ternama pada massa itu tidak ikut serta. Dikarenakan alasan kondisi dan situasi keamanan pada saat itu. Dalam musim 1939 – 1940 ini memunculkan Blackpool sebagai pemimpin klasemenm, akan tetapi Blackpool tidak dikukuhkan sebagai juara pada musim tersebut.

Rebutbola.com