Menilik Peluang Leicester Menjuarai Liga Champions

Menilik Peluang Leicester Menjuarai Liga Champions

91
0
SHARE
Menilik Peluang Leicester Menjuarai Liga Champions

Leicester Menunjukkan Sesuatu yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin

Rebutbola – Laga perdana fase grup Liga Champions selesai dilaksanakan semalam, Rabu (14/9) dini hari WIB. Hampir setengah dari seluruh peserta Liga Champions telah mendapatkan hasil dari pertandingan pertama mereka. Sebagian peserta lagi akan melakoni laga perdana dini hari nanti.

Ada salah satu klub debutan Liga Champions yang paling ditunggu-tunggu setelah performa menakjubkan mereka musim lalu. Ialah Leicester City yang berhasil menjadi kampiun Liga Premier 2015/16. Leicester akan melakoni laga debutnya di Liga Champions Kamis (15/9) dini hari nanti ketika bertandang ke markas klub asal Belgia, Club Brugge.

[Baca juga: Jadwal Liga Champions Pekan Ini (14 dan 15 September)]

[Baca juga: Hasil Pertandingan Liga Champions: Rabu (14/9) Dini Hari]

Tim asuhan Claudio Ranieri mengawali musim ini dengan tidak cukup meyakinkan. Dari lima laga yang dilakoni (Community Shield dan Liga Premier), mereka baru menorehkan satu kemenangan, tiga kekalahan dan satu hasil imbang. Label sang juara bertahan nampaknya langsung terjun begitu saja menjadi tim medioker.

Namun sepakbola adalah sepakbola. Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola. Tidak bisa menilai suatu tim melaju lebih jauh atau tidak, juara atau tidak, terdegradasi atau tidak hanya dalam beberapa pertandingan saja. Bahkan bodoh jika mengatakan Leicester tidak berpeluang untuk menjuarai kompetisi elit Eropa. Sebagaimana yang telah dikatakan salah satu punggawa mereka, Danny Drinkwater.

“Bodoh jika saya mengatakan bahwa kami tidak bisa menang. Saya pikir semua orang akan berpikir kami tidak bisa memenangkan Liga Premier dan kami melakukannya. Kami tidak ingin ini menjadi yang pertama dan terakhir kalinya kami berada di Liga Champions. Kami akan menunjukkan kepada mereka apa yang dapat kami lakukan,” – Danny Drinkwater.

[Baca juga: ‘Leicester Bisa Menangkan Liga Champions’]

The Foxes tergabung dalam Grup B. Terkecuali FC Porto, dalam grup ini terdapat dua tim ‘pelengkap’ lain di Liga Champions yaitu, tim yang akan melawan mereka dini hari nanti, Club Brugge dan Copenhagen.

Menilik Peluang Leicester Menjuarai Liga Champions
Jamie Vardy dan Riyad Mahrez, duet maut Leicester musim lalu

Rintangan Jamie Vardy dkk dapat dikatakan tidak cukup berat, mengingat klub yang akan mereka hadapi di grup ini bukanlah tim-tim besar. Meskipun demikian, tim-tim lainnya pun pastinya akan berusaha keras untuk meraih hasil positif, bahkan mengharapkan keajaiban yang Leicester lakukan musim lalu. Dilihat dari fase grup, The Foxes dinilai ‘punya harapan’ untuk lolos ke babak selanjutnya.

Lalu bagaimana selanjutnya jika mereka lolos dari fase grup? Dapat dibilang tidak mungkin mereka dapat menjuarai Liga Champions, terlebih klub-klub besar siap menghadang mereka seperti Barcelona, Real Madrid dan Bayern Munchen. Di laga pra-musim sebenarnya dapat dilihat kualitas Leicester menghadapi tim besar di luar Inggris. Mereka dikalahkan Barcelona dengan skor akhir 4-2.

Menilik Peluang Leicester Menjuarai Liga Champions
Ranieri bersama skuatnya ketika merayakan gelar juara Liga Premier 2015/16

Impossible. Tidak mungkin tim yang bermarkas di Stadion King Power ini berhasil menjuarai Liga Champions. Tetapi, mereka telah membuktikannya musim lalu. Leicester City membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, dengan menjuarai Liga Premier.

“Banyak tim-tim besar yang terlibat di kompetisi ini dan untuk memenangkan Liga Champions, kami harus menuliskan dongeng yang lebih besar. Tentu saja, saya mengatakan ini tidak mungkin. Tapi Leicester telah membuktikan bahwa sesuatu hal yang tidak mungkin menjadi mungkin,” – Claudio Ranieri.

Rebutbola.com