Liga Champions dan Mitos-mitos yang Tidak Anda Ketahui

Liga Champions dan Mitos-mitos yang Tidak Anda Ketahui

651
0
SHARE
Dua Mitos Dalam Liga Champions
trophy si kuping besar

Hingga Saat Ini Belum Ada yang Bisa Memecahkan Dua Mitos Dalam Liga Champions

Rebutbola – Liga Champions Eropa di setiap musimnya selalu menghadirkan kejutan-kejutan yang menarik di setiap pertandingannya, apalagi di musim ini kejutan sudah terjadi ketika munculnya dua debutan yang berpotensi menjadi kuda hitam dalam kompetisi Liga Champions musim ini yaitu Leicester City sang juara Liga Inggris musim lalu dan FC Rostov wakil dari Rusia.

Terlebih bagi Leicester City yang berhasil membuka laga debutnya dengan kemenangan 3-0 atas Club Brugge.

Baca juga : [Ketika Miss Bum Bum Meneror para Pemain Sepakbola]

Baca juga : [Lima Stadion Berhantu di Indonesia]

Namun dalam setiap kejutannnya, Liga Champions juga disisipi oleh dua mitos yang hingga saat ini belum ada satupun yang bisa memecahkan mitos tersebut, apakah dua mitos tersebut? Mari kita saksikan ulasannya dibawah ini.

  • Pelatih Non-Eropa Belum Ada yang Bisa Memenangkan Liga Champions
kegagalan simeone di liga champions
kegagalan simeone di liga champions

Sejak kompetisi ini bermula European Cup hingga berganti nama Liga Champions, belum ada satu nama pelatih diluar Eropa yang mampu mengangkat trophy si kuping besar bersama timnya. Sejauh ini hanya ada dua nama yang hampir saja memecahkan mitos tersebut, yaitu Hector Cuper dan Diego Simeone.

Secara kebetulan atau tidak, keduanya berasal dari Argentina dan juga keduanya juga gagal memecahkan mitos setelah dua kali menghantarkan timnya ke final, Cuper bersama Valencia di tahun 2000 dan 2001,sementara Simeone bersama Atletico Madrid di tahun 2014 dan 2016.

Dimusim ini setidaknya ada tiga nama pelatih non-eropa di Liga Champions yang berambisi memecahkan mitos tersebut, dan yang menarik ketiganya berasal dari Argentina yaitu, Diego Simeone(Atletico Madrid), Jorge Sampaoli(Sevilla), dan Mauricio Pochettino(Tottenham Hotspurs).

  • Belum ada Juara Bertahan yang Mampu Mempertahankan Gelar
mu gagal pertahankan gelar
mu gagal pertahankan gelar

Sejak kompetisi berubah nama menjadi Liga Champions Eropa di tahun 1991, belum ada satupun klub yang juara Liga Champions mampu mempertahankan gelarnya di musim berikutnya.

Tercatat hanya ada 5 klub yang hampir bisa memecahkan mitos itu, namun mereka harus kalah di partai final, kelima klub itu adalah AC Milan(1995), Ajax Amsterdam(1996), Juventus(1997), dan Manchester United (2009).

  • Jangan Sentuh Piala Sebelum Laga Final Berakhir
keberhasilan-liverpool-di-liga-champions
keberhasilan-liverpool-di-liga-champions

Percaya atau tidak Fernando Morientes pernah memberikan petuah saat final Liga Champions 2005, kala Liverpool bersua dengan AC Milan di partai puncak tersebut. Kala itu Morientes memberi petuah jika jangan menyentuh trophy Liga Champions sebelum laga berakhir, ketika timnya berada di ruang ganti. Hal itupun diamini oleh para punggawa Liverpool, yang menarik Liverpool yang sudah tertinggal 0-3 di babak pertama, mampu membalikan keadaan dengan menjadi juara. Uniknya kala itu pemain Milan, Gennaro Ivan Gattuso sempat menyentuh piala tersebut. Hmm, sebuah kebetulan yang unik yaa.

Rebutbola.com