Sejarah Derbi D’Italia

Sejarah Derbi D’Italia

173
0
SHARE
Sejarah Derbi D’Italia
Sejarah Derbi D’Italia

Rivalitas Derbi Beda Wilayah

Rebutbola – Pertandingan dengan tajuk derbi memang kerap menjadi pertandingan yang paling ditunggu-tunggu, tak hanya oleh pemain, partai ini tentu sangat dinantikan oleh para penggemar. Meski sama-sama dijalankan dengan waktu 2×45 menit layaknya pertandingan normal, derbi kerap menyajikan atmosfer yang berbeda.

Baca juga: Start Buruk Para Klub Top Eropa di Europa League

Derbi adalah suatu pertandingan yang memepertemukan kedua tim yang berada dalam satu kota, wilayah ataupun kota yang memiliki rivalitas geografis. Namun, bagaimana dengan Derby d’Italia? Partai yang mempertemukan Juventus dengan Inter Milan ini apakah layak disebut partai derbi?

Baca juga: Tren Rambut Blonde Para Pesepakbola Dunia

Seperti yang kita ketahui, baik Inter maupun Juve adalah tim yang tak berada dalam satu wilayah, Juventus berada di kota Turin sedangkan Inter berada dikota Milan. kedua kota itupun tak memiliki rivalitas sengit yang membuat pertandingan ini layak disebut derbi.

Sejarah Derbi D’Italia
icardi dan Bonucci

Ternyata, istilah derbi untuk kedua kesebelasan ini datang dari mulut seorang wartawan ternama, Gianni Brera 49 tahun silam tepatnya pada tahun 1967. Pada masa itu, nama Brera memang sedang naik daun sebagai jurnalis top dan mengeluarkan beberapa istilah sepakbola yang dipakai hingga sekarang seperti istilah Catenaccio atau sepak bola defensif.

Kala itu, I Bianconeri dan I Nerazzurri merupakan ikon dari LIga Italia, bisa dibilang kedua kesebelasan tersebut yang paling sukses di Italia dan sealu menjadi wakil Italia untuk kejuaraan Internasional. Hingga musim 1965-66, Juventus telah menyabet 12 trofi Liga Italia sementara Inter sukses mengumpulkan 10 trofi, Inter lebih sukses di kancah Eropa dengan sukses memboyong 2 piala Eropa dan 1 piala Intercontinental.

Secara singkat, kedua tim ini merupakan penguasa sepakbola Italia. Itulah alasan mengapa Brera memberi istilah derbi kepada kedua tim. Selain itu, dua tim ini merupakan tim yang belum pernah mengalami degradasi. Hingga pada 2006 Juve tersandung kasus Calciopoli dan mengharuskan Si Nyonya Tua turun kasta ke Liga Italia Serie B.

Kasus itu makin membuat panas persaingan kedua kesebelasan. Pasalnya, satu dari dua trofi yang dicabut dari Juve harus dioper ke Inter Milan.

Rebutbola.com