Mengapa Dalam Satu Tim Sepakbola Harus Berjumlah 11 Pemain?

Mengapa Dalam Satu Tim Sepakbola Harus Berjumlah 11 Pemain?

47
0
SHARE
Mengapa Dalam Satu Tim Sepakbola Harus Berjumlah 11 Pemain ?
11 pemain dalam satu tim

Pada Awal Dimainkan, Dalam Satu Tim Sepakbola Bisa Berjumlah 15-21 Pemain

Rebutbola – Olahraga Sepakbola yang seperti kita kenal adalah permainan yang melibatkan satu tim terdiri atas 11 pemain melawan tim lainnya dengan jumlah pemain yang sama.  Tapi tahukah kalian jika pada awal kelahirannya, Sepakbola sempat dimainkan dengan 15 pemain sampai 21 pemain dalam satu tim.

Baca juga : [Tren rambut Blonde para Pesepakbola Dunia]

Baca juga : [Liga Champions dan mitos-mitos yang anda tidak ketahui]

Pada 1870 setelah FA lahir, barulah dibentuk aturan baku jika dalam satu tim hanya terdapat 11 pemain tanpa penjaga gawang. Kemudian terjadi penyempurnaan pada 1880 dimana munculah istilah penjaga gawang dan sekaligus penetapan jika pemain dalam satu tim harus berjumlah 11 orang hingga saat ini.

Lalu mengapa harus ada 11 pemain dalam setiap tim dalam Sepakbola? 11 pemain dalam satu tim atau 22 pemain dalam satu lapangan adalah jumlah yang pas dengan luas lapangan yang mencapai 100-120 m x 65-75 m, karena pergerakan pemain akan lebih leluasa untuk menghindari tekanan dari pihak lawan. Dimana para pemain bisa berkreasi dengan si kulit bundar dan menampilkan sajian yang menarik untuk para penonton, coba bayangkan jika lapangan terlalu sempit atau terlalu lebar ini akan membuat pertandingan menjadi membosankan.

buku karangan john wesson
buku karangan john wesson

Kemudian teori mengapa 11 pemain pun bisa dibuktikan secara ilmiah, dikutip dari buku The Science of Soccer karangan John Wesson di tahun 2002, jika jumlah pemain sepak bola yang diperbolehkan bermain untuk masing-masing tim dapat dibuktikan dengan rumus matematika.

n = N/A

N = Jumlah pemain yang berada di lapangan untuk masing-masing tim

A= luas area lapangan

n= jumlah pemain per unit area

kemudian untuk memperkirakan jarak dengan pemain lawan didapat rumus

d = 0.5/(n)^0.5

d = perkiraan jarak terdekat dengan pemain lawan

Untuk Waktu yang dibutuhkan untuk berhadapan dengan lawan

t = d/s

t = waktu yang dibutuhkan untuk berhadapan dengan lawan

s = kecepatan pemain

langkah selanjutnya, menggunakan rumus diatas untuk mendapatkan persamaan baru

t = 0.5/((A)^0.5*N)

ukuran Luas lapangan adalah, A = 100 meter x 65 meter = 6500 m2, dan kecepatan rata-rata pemain, s= 4.572 m/s. Jadi dari persamaan diatas kita mendapatkan

t = 9/(N^0.5) .

Ketika N = 10, t = 3 s. Tiga detik adalah waktu yang cukup bagi pemain. Satu detik pertama untuk menerima bola, satu detik kedua untuk mengkontrol bola, dan satu detik ketiga untuk melakukan passing/shooting.

Jumlah yang dihasilkan N adalah 10 dimana itu tidak termasuk penjaga gawang, mengingat penjaga gawang tidak memiliki banyak pergerakan di lapangan. Maka kesimpulannya adalah kalkulasi diatas memberikan penjelasan mengapa dalam satu tim sepakbola harus berjumlah 11 orang.

Rebutbola.com