Ini Alasan Klub Indonesia Berawalan ‘Per’

Ini Alasan Klub Indonesia Berawalan ‘Per’

718
0
SHARE
Tiga Kerusuhan Terakhir The Jak dan Viking
Fans Persija atau biasa disebut Jakmania

Per Singkatan dari Persatuan

Rebutbola – Persija Jakarta, Persib Bandung, Persiba Balikpapan. Apa kesamaan dari ketiga klub yang disebutkan? Jelas ketiga klub tersebut berawalan ‘per’. Per sendiri adalah awalan paling umum yang digunakan oleh klub sepakbola Indonesia. ‘Per’ merupakan singkatan atau akronim dari Persatuan.

Dilansir dari Pandit Football, beberapa kesebelasan yang muncul belakangan, yang juga tidak sempat muncul ke permukaan di masa berjayanya Divisi Utama Perserikatan, juga masih banyak yang menggunakan awalan kata “persatuan”.

[Baca juga: Fanatik! Deretan Wanita dengan Nazar Bugil Demi Klub Idolanya]

[Baca juga: Skandal Terbongkar, Big Sam Dipecat]

Dalam bahasa Indonesia, “per” di situ masuk ke dalam kategori “akronim” yaitu kependekan dari gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar.

Ini Alasan Klub Indonesia Berawalan Per
Boaz Salossa, pemain veteran Persipura Jayapura

Selain “akronim”, ada juga singkatan. Singkatan merujuk hanya mengambil huruf-huruf tertentu, biasanya huruf depan sebuah kata, dan tidak membentuk suku kata yang bisa diucapkan secara wajar, namun diucapkan dengan mengeja huruf demi huruf. Contoh singkatan yaitu PSM Makassar dan PSMS Medan.

Kesebelasan di Indonesia itu memakai “persatuan sepakbola” (baik ditulis “Per” atau “PS) di bagian awal nama, yang kemudian dilanjutkan identitas mereka. Coba kita lihat mulai dari sisi barat wilayah Indonesia, ada Persiraja Banda Aceh dan PSMS Medan. Masuk ke Pulau Jawa, ada Persija Jakarta, Persib Bandung, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, Persema Malang. Di Pulau Kalimantan ada Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan. PSM Makassar, Persmin Minahasa dan Persigo Gorotalo ada di Sulawesi. Begitu juga di Pulau Irian, Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, Persidafon Dafonsoro, sampai Persiram Raja Ampat. Semua berawal dengan persatuan sepakbola.

Jadi jelas, alasan klub sepakbola Indonesia menggunakan ‘Per’ atau ‘Persi’ atau ‘PS’ sebagai singkatan dari Persatuan Sepakbola yang bermula dari kompetisi Perserikatan dulunya.

Rebutbola.com