Teknologi Drone dalam Sepakbola

Teknologi Drone dalam Sepakbola

55
0
SHARE
Teknologi Drone dalam Sepakbola
Teknologi Drone dalam Sepakbola

Setelah Vanishing Spray, Kini Giliran Drone

Rebutbola – Perkembangan teknologi sepakbola memang sangat luas, banyak teknologi yang telah diadopsi oleh federasi sepakbola dunia demi mempermudah kerja hingga memaksimalkan pelayanan dari mulai pemain, staf kepelatihan, wasit hingga penonton.

Baca juga: Pesepakbola dengan Followers Terbanyak di Instagram dan Twitter 2016

Beberapa tahun kebelakang tepatnya pada Piala Dunia tahun 2010, kita dihebohkan dengan gol Frank Lampard yang tak disahkan oleh wasit meskipun bola sudah melewati garis gawang. Kontroversi ini kemudian melahirkan teknologi bernama teknologi garis gawang.

Baca juga: Pesepakbola yang Meninggal Secara tragis di Atas Lapangan

Setelah itu, muncul pula teknologi lainnya yakni vanishing spray. Alat semprot yang digunakan oleh wasit dalam beberapa tahun terakhir itu bertujuan untuk memberi tanda tempat menaruh bola dan sebagai pembatas agar pagar betis yang dibuat oleh pemain tak melakukan pergerakkan.

Kini, giliran drone yang masuk kedalam perlengkapan pertandingan sepakbola. Teknologi pesawat tanpa awak ini memang telah banyak kita temukan, mulai dari keperluan bisnis hingga sekedar pemuas hobi fotografi.

Teknologi Drone dalam Sepakbola
penggunaan drone pada saat latihan

Drone awalnya diciptakan untuk keperluan militer. Demi meminimalisir korban di misi-misi beresiko tinggi, para tentara mengirimkan drone untuk memantau daerah rawan, hingga untuk mempelajari keadaan di daerah lawan.

Hal tersebut kemudian diadopsi untuk keperluan sepakbola. Everton merupakan tim pertama yang menggunakan teknologi ini pada saat latihan. Alat ini digunakan oleh pelatih untuk menilai apakan strategi yang diterapkannya sudah berjalan atau belum di sesi latihan.

Jangkauan penglihatan drone yang luas membuat pelatih bisa dengan cermat menilai apakan strategi yang diterapkannya sudah cocok dengan anak asuhnya atau apakan strategi yang dipakai bisa dijalankan dengan baik atau tidak.

Langkah Everton tersebut kemudian ditiru oleh tim besar liga Inggris lainnya seperti Manchester United dan Swansea. Mengingat pentingnya kehadiran teknologi ini, bukan tak mungkin suatu saat nanti drone akan menjadi standar dasar untuk klub-klub sepakbola dunia.

Rebutbola.com