Duel Klopp vs Mourinho, Dari Statistik Hingga Siapa yang Terbaik

Duel Klopp vs Mourinho, Dari Statistik Hingga Siapa yang Terbaik

51
0
SHARE
Dapat Kritikan keras, Klopp Bela Mourinho
Jurgen Klopp dan Jose Mourinho

The Normal One atau The Special One?

Rebutbola – Dua pelatih yang syarat akan pengalaman akan bertemu di Anfield, Senin 17 Oktober 2016 besok. Jurgen Klopp bersama Liverpool akan menjamu rival mereka, Manchester United yang dibawahi oleh pelatih yang tak kalah top, Jose Mourinho.

Baca juga: Rekor Pertemuan Liverpool vs Manchester United

Ini bukan pertama kainya kedua pelatih bertemu, sebelum keduanya menginjakkan kaki di Liga Inggris, Klopp dan Mourinho juga sudah saling berhadapan kala masih melatih Borussia Dortmund dan Real Madrid.

Baca juga: Data dan Fakta Jelang Pertandingan Liverpool vs Manchester United

Bicara soal dua manajer terbaik tersebut, kira-kira siapa yang lebih hebat? berikut kami ulas sedikit tentang statistik kedua pelatih itu.

Duel Klopp vs Mourinho, Dari Statistik Hingga Siapa yang Terbaik
Jurgen Klopp dan Jose Mourinho

Pertemuan sebelumnya

Klopp telah memenangkan tiga pertandingan dan satu hasil seri dari lima pertandingan terakhir ketika menghadapi Mourinho.

Empat dari semua pertemuan tersebut terjadi pada musim 2012/13 ketkia Klopp menukangi raksasa Jerman, Borussia Dortmund dan Mourinho menangani Real Madrid, keduanya bertemu di Liga Champions.

Pertemuan terakhir mereka berakhir sedih bagi Mourinho, Klopp sukses meraih kemenangan pertama bersama the reds kala menghadapi Chelsea di Stamdford bridge. Anak asuh Mourinho harus terima dipermalukan dengan skor 3-1 di depan pendukung mereka sendiri.

Strategi transfer pemain

Pendekatan dua manager ini di bursa transfer bisa dibilang sangat jauh berbeda. Mourinho menghabiskan dana hingga £ 160 juta pada transfer musim panas ini demi mendatangkan Henrik Mkhtaryan, Eric Bailly dan gelandang Impian mereka, Paul Pogba.

Sementara Klopp menghabiskan dana sekitar £65 juta dan sejauh ini sukses melambungkan timnya keperingkat empat klasemen sementara Liga Inggris.

Fokusnya adalah, Klopp berusaha membangun skuat dengan prospek jangka panjang, sementara Mourinho lebih memikirkan apa yang terjadi sekarang. Tengok saja kurangnya perencanaan jangka panjang dan mengakibatkan kekacauan yang dia tinggalkan di Chelsea musim lalu.

Perjalanan karier

Duel Klopp vs Mourinho, Dari Statistik Hingga Siapa yang Terbaik
Jose Mourinho dan Jurgen Klopp

Keduanya memulai karier sebagai manajer dimasa yang tak jauh berbeda. Mourinho mulai menangani Benfica pada tahun 2000, sementara Klopp mulai menangani Mainz lima tahun berselang.

Meski begitu, perjalanan keduanya menuju Anfield dan Old Trafford sangatlah berbeda. Mourinho tak pernah menetap di satu klub untuk jangka waktu yang lama. Tiga tahun tiga bulan menangani Chelsea merupakan bakti Mourinho terlama untuk satu klub yang dia tangani.

Hal tersebut tentu sangat kontras dengan pekerjaan yang dilakukan oleh Klopp. Dirinya telah menghabiskan masa selama tujuh tahun di Mainz dan Tujuh tahun bersama Borussia Dortmund, sebelum akhirnya menerima tantangan baru untuk menggantikan Brendan Rodgers di Liverpool musim lalu.

Prestasi dan pencapaian

Mourinho unggul dengan berhasil memenangkan banyak trofi bergengsi selama karier manajerialnya. Bersama Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid, dia telah memenangkan empat kejuaraan di empat negara berbeda. Bahkan dirinya berhasil membawa Porto dan Inter juara Liga Champions.

Sementara prestasi terhebat Klopp adalah hanya berhasil membawa Mainz promosi ke Bundesliga untuk pertama kalinya dalam sejarah dan merubah Dortmund menjadi salah satu klub terbaik di Jerman.

Gaya bermain

Klopp komitmen dengan metode sepakbola menyerang yang diterapkannya. Hal tersebut dilanjutkan terus hingga Liverpool berhasil menjadi klub paling produktif di musim 2016 ini.

The Reds telah menikmati awal musim menyenangkan dengan sukses mangantongi 16 poin dan telah menjaringkan total 26 gol dalam sembilan pertadingan mereka di semua kompetisi.

Sementara Mourinho berbanding terbalik dengan skema Klopp. Dengan mengesampingkan tropi yang dia dapatkan, Mourinho  selalu beroreinatasi dengan pertahanan yang sangat solid.

Hal tersebut bahkan sudah di terapkan Mou saat membela Inter Milan. Namun hal tersebut tak masalah, strategi juga terbukti efektif untuk membawa timnya memenangkan pertandingan.

Jadi apakah The Special One ataukah The Normal One yang lebih baik? Kita lihat saja pada pertandingan senin nanti.

Rebutbola.com