Kriteria yang Dibutuhkan untuk Bisa Jadi Kapten Sepakbola Top

Kriteria yang Dibutuhkan untuk Bisa Jadi Kapten Sepakbola Top

269
1
SHARE
Keriteria yang Dibutuhkan untuk Bisa Jadi Kapten Sepakbola Top
Keriteria yang Dibutuhkan untuk Bisa Jadi Kapten Sepakbola Top

4 Syarat Wajib Dimiliki Seorang Kapten

Rebutbola – Menjadi kapten suatu tim sepakbola tentu menjadi mimpi bagi seluruh pemain. Namun, apakah semua pemain bisa menyandang jabatan kapten? Atau adakah syarat khusus untuk bisa menjadi seorang pemimpin klub?

Baca juga: Selain Cantik, Artis Indonesia Ini Juga Penggila Sepakbola Loh

Pertanyaan tersebut tentu muncul dibenak semua orang ketika menginginkan suatu jabatan. Sulit memang menjawab pertanyaan tersebut. Sosok kapten yang ideal mempunyai versi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dari klub itu sendiri.

Sebagai contoh jika kita menilai seorang kapten haruslah pemain yang hebat lalu mengapa Cristiano Ronaldo tak menjadi kapten di Real Madrid dan para pelatih justru memilih Sergio Ramos. Soal senioritas, Ronaldo bahkan lebih tua satu tahun diatas Ramos.

Atau jika mau contoh tentang senoritas yang lebih kentara adalah Mauro Icardi selaku kapten Inter Milan. Pria berusia 23 tahun ini berhasil menjadi kapten La Beneamata mengalahkan para pemain yang lebih tua diatasnya.

Jadi apa sebenarnya pertimbangan pelatih ketika memilih seorang pemain untuk menjadi kapten dallam timnya? Berikut kami sajikan kriteria yang harus dimiliki untuk bisa menjabat sebagai kapten tim sepakbola.

Dapat berkomunikasi dengan baik

Mauro Icardi kapten Inter Milan
Mauro Icardi kapten Inter Milan

Kapten adalah satu-satunya orang yang diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan wasit, atau ofisial pertandingan, dirinya juga merupakan jembatan perantara antara pemain dengan pelatih, selain dua alasan tersebut yang terpenting adalah sorang kapten harus bisa berkomunikasi dengan jelas kepada seluruh pemain ketika timnya sedang bertanding. Demi memperlancar tugasnya tersebut, sudah pasti seorang pemimpin klub harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik diluar maupun didalam lapangan.

Dapat mengatur emosi

Keriteria yang Dibutuhkan untuk Bisa Jadi Kapten Sepakbola Top
Kisruh Atletico Madrid vs Chelsea

Dipertandingan yang berjalan keras, benturan-benturan tentu tak bisa dihindarkan. Baik benturan yang disengaja maupun tak disengaja. Hal tersebut tentu sangat mungkin memicu amarah para pemain dan tak jarang berujung dengan perkelahian. Disinilah sosok sentral para kapten dibutuhkan, kapten yang baik tentu tidak akan diam apalagi ikut dalam perkelahian tersebut. Tugasnya sudah jelas untuk mengontrol emosi dirinya dan juga rekannya yang sedang emosi.

Selain itu, buruknya pengendalian emosi yang dimiliki oleh kapten akan menjadi petaka bagi timnya dan bisa dimanfaatkan oleh pemain lawan untuk memprovokasi permainannya. Kontrol emosi yang tidak stabil akan mempengaruhi pengambilan keputusan dan kemampuannya untuk membaca permainan lawan.

Dapat menjadi motivator bagi rekan setim

Steven Gerrard ketika bermain di Liverpool
Steven Gerrard ketika bermain di Liverpool

Dalam pertandingan, kalah dan menang tentu sudah menjadi hal yang lumrah untuk didapatkan. Meskipun ketika kekalahan menghampiri klub yang kita bela akan ada terasa sakit dan depresi. Sosok kapten harus bisa membangkitkan semangat rekan setimnya yang sedang jatuh terlebih kala timnya sedang dalam posisi tertinggal dalam pertandingan. Dia dituntut untuk sigap mengmbalikan secara cepat moral rekannya yang sedang jatuh.

Dihormati oleh seluruh pemain dalam tim

Javier Zanetti
Javier Zanetti

Ini merupakan syarat yang terpenting untuk dimiliki para kapten di seluruh dunia. Apa jadinya jika seorang kapten tak lagi dihargai oleh rekan setimnya? Tentu suatu klub tak akan berjalan dengan benar dan sudah pasti sang pelatih akan mencari sosok kapten baru untuk memimpin timnya dilapangan.

Rebutbola.com

1 COMMENT