Connect with us

Mengapa PSG Bisa Lolos dari Sanksi FFP?

Neymar Mendapat Tuntutan Hukum dari Barcelona
Baca Juga

sudut lapangan

Mengapa PSG Bisa Lolos dari Sanksi FFP?

Pembelian Neymar Seharga 222 Juta Euro Luput dari Pelanggaran Financial Fair Play

Rebutbola – Klub kaya raya asal Prancis, Paris Saint Germain benar-benar membuat geger dunia sepakbola di bursa transfer musim ini. Pasalnya mereka berani membayar uang sebesar 222 juta euro sebagai klausul pelepasan agar Neymar bisa meninggalkan Barcelona. Hal itu dinilai terlalu berlebihan karena dapat merusak harga pasaran para pemain.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Feeder Club

Yang lebih penting, PSG pun bisa terancam terkena sanksi dari FIFA terkait pelanggaran Financial Fair Play. Namun bukannya panik, PSG terkesan malah menyepelekan ancaman tersebut dan dengan percaya diri mereka tak akan terjerat sanksi FIFA.

Yang jadi pertanyaan adalah mengapa PSG bisa lolos dari sanksi Financial Fair Play? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita definisikan dulu apa itu aturan Financial Fair Play.

Financial Fair Play adalah sebuah program yang dibuat oleh FIFA pada tujuh tahun silam untuk membatasi sebuah klub untuk belanja pemain secara berlebihan, yang intinya klub tersebut harus mempunyai keuangan yang seimbang antara pemasukan dan pengeluaran.

Sebenarnya klub boleh membelanjakan berapa saja uang yang punya, namun yang perlu diingat pemasukan klub juga harus seimbang atau paling maksimal pengeluaran klub lebih besar 5 juta euro dari pemasukan klub.

Tetapi peraturan tersebut kembali di revisi, dimana para pemilik/investor bisa menyumbangkan dana ke sebuah klub dengan maksimal sebesar 30 juta euro. Lalu bagaimana cara PSG menyiasati pembelian Neymar tanpa terkena sanksi FIFA?

PSG memanfaatkan status klausul buy out yang tertuang dalam kontrak Neymar bersama Barcelona. Dimana PSG memberikan uang tunai sebesar 222 juta euro kepada Neymar untuk dirinya menyetorkan kepada pengelola Liga Spanyol agar kontrak dirinya dengan Barcelona diputus. Setelah berstatus free transfer, Neymar pun bisa bergabung dengan PSG tanpa ancaman sanksi FIFA. Setelah itu pengelola Liga Spanyol menyetorkan uang tersebut ke Barcelona dan mengeluarkan transfer atas Neymar.

Rebutbola.com

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in sudut lapangan

To Top