Home Uncategorized Menakjubkan, Perkembangan Dunia Sepakbola Islandia dalam Lima Tahun Terakhir

Menakjubkan, Perkembangan Dunia Sepakbola Islandia dalam Lima Tahun Terakhir

188
0
SHARE
Menakjubkan, Perkembangan Dunia Sepakbola Islandia dalam Lima Tahun Terakhir
Kapten Islandia, Aron Gunnarsson bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan setelah mengalahakan Inggris di babak 16 besar Euro 2016

Kejutan Apalagi yang Bakal Diberikan Islandia Kepada Kita?

Rebutbola – lagi-lagi kita dibuat takjub dengan perjuangan Islandia yang berhasil menuju putaran final Piala Dunia 2018. Di saat para penggemar sepakbola mulai meributkan Argentina dan Belanda yang tampil cukup tidak memuaskan, Islandia justru luput dari perhatian kita dan berhasil mencuri tempat menuju Piala Dunia.

Islandia berhasil lolos dengan status sebagai juara grup I zona UEFA. Mereka berhasil mengalahkan Turki, Kroasia, Ukraina, Finlandia dan Kosovo dalam perebutan satu tiket lolos otomatis menuju Rusia tahun depan. Ini akan menjadi kompetisi pertama Islandia dalam World Cup sepanjang sejarah.

Menarik memang jika kita melihat perkembangan sepakbola di Islandia. Pasalnya, bukan kali ini saja mereka memberikan kita kejutan. Dalam ajang EURO 2016 kemarin, mereka bahkan berhasil melaju hingga babak perempat final. Sayang, mereka harus rela kalah dengan tuan rumah di pertandingan perempat final.

Jika kita mundur lebih jauh hingga empat tahun kebelakang, progress Islandia sebenarnya sudah terlihat. Mereka bahkan hapir saja lolos ke Piala Dunia 2014 setelah berhasil menjadi runner up kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Sayang di babak playoff, mereka harus terima kalah melawan Kroasia dengan agregat gol 2-0.

Setelah itu, popularitas mereka melonjak. Negara berkapasitas penduduk hanya sejitar 300.000 jiwa ini berhasil merangsek naik ke peringkat 19 rangking FIFA, setelah pada tahun 2012 mereka hanya bisa menempati peringkat ke-131.

Di tahun berikutnya, yakni tahun 2015, Islandia barulah mulai mampu memberikan sedikit kejutan. Mereka berhasil meduduki posisi runner up kualifikasi piala Eropa 2016 dan kemudian lolos bersama Republik Ceko. Selisih poin mereka dengan Ceko juga tak terlalu banyak, mereka hanya kalah dua poin dan memaksa Islandia puas finis dibawah Repoublik Ceko.

Setelah lolos dari kualifikasi EURO, tahun berikutnya kejutan yang sebenarnya barulah tercipta. Mereka barhasil finis sebagai runner up grup menuju babak 16 besar, mengalahkan Portugal yang berada di peringkat ketiga grup. Di babak 16 mereka bahkan berhasil mempecundangi Inggris dengan skor 2-1. Sayang kala itu mereka gagal melaju lebih jauh setelah di babak perempat final kalah melawan Prancis dengan skor 5-2.

Tahun ini, mereka kembali menujukan taji mereka di pentas sepakbola internasional. Setelah menjalankan babak kualifikasi dengan sangat hati-hati, Islandia akhirnya berhasil melaju ke putaran Final Piala Dunia. Hal ini tentu diluar ekspektasi mengingat dalam grup mereka ada negara sekaliber Kroasia, Turki dan Ukraina yang cukup sering mentas di Piala Dunia.

Jadi, apakah tahun depan Islandia akan memberikan kita kejutan lagi di ajang Piala Dunia?

Rebutbola.com